UPAYA PEMERINTAH ISLANDIA DALAM MENINGKATKAN KESETARAAN GENDER (STUDI KASUS : FENOMENA GENDER PAY GAP DI DUNIA KERJA)

Arlina Alfiani, Chandra (2022) UPAYA PEMERINTAH ISLANDIA DALAM MENINGKATKAN KESETARAAN GENDER (STUDI KASUS : FENOMENA GENDER PAY GAP DI DUNIA KERJA). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
(SKRIPSI) Arlina Alfiani Chandra_L1A018017 FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan kesenjangan upah berdasarkan gender yang terjadi di Islandia dan upaya yang dilakukan pemerintah untuk menghapus kesenjangan upah berbasis gender dalam dunia kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tindakan apa saja yang diambil oleh pemerintah untuk meningkatkan kesetaraan gender melalui kebijakan publik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data diperoleh melalui studi kepustakaan yang bersumber dari buku, jurnal, artikel, dokumen pemerintah, dll. Data tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemerintah Islandia mengeluarkan kebijakan Equal Pay Certification yang merupakan kebijakan pertama di dunia yang mewajibkan perusahaan dan institusi untuk membuktikan penerapan sistem upah yang setara melalui proses audit yang ketat. Act on Equal Status and Equal Rights Irrespective of Gender juga dirumuskan untuk membantu meningkatkan kesetaraan gender dalam berbagai aspek. Kebijakan tersebut sejauh ini berdampak positif dalam mengurangi kesenjangan upah berdasarkan gender dalam dunia kerja.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kesenjangan Upah Berbasis Gender, Kebijakan Publik, Equal Pay Certification, Act on Equal Status and Equal Rights Irrespective of Gender, Islandia
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Program Studi Hubungan Internasional
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 11 Nov 2022 07:59
Last Modified: 11 Nov 2022 07:59
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32858

Actions (login required)

View Item View Item