PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS LAPORAN PERJALANAN MENGGUNAKAN METODE PETA KONSEP SISWA KELAS VIII.A SMP NEGERI 12 MATARAM TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

FARDIAH, YUAN (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS LAPORAN PERJALANAN MENGGUNAKAN METODE PETA KONSEP SISWA KELAS VIII.A SMP NEGERI 12 MATARAM TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL SKRIPSI.pdf

Download (483kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis laporan siswa kelas VIII.A di SMP Negeri 12 Mataram. Hal ini disebabkan oleh guru tidak menemukan metode yang sesuai untuk mengajar siswa dalam menulis laporan perjalanan, dan siswa tidak tertarik dengan dunia tulis menulis. Berdasarkan latar belakang tersebut rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana proses dan hasil peningkatan kemampuan menulis laporan perjalanan siswa kelas VIII.A SMP Negeri 12 Mataram Tahun Pembelajaran 2016/2017. Pemecahan masalah pada penelitian ini dilakukan dengan langkah persiapan, perencanaan dan aktifitas pembelajaran yang sesuai dengan metode peta konsep. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemamuan menulis laporan perjalanan siswa kelas VIII.A SMP Negeri 12 Mataram. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas atau PTK (Classroom Action Research). Metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu metode dokumentasi, metode observasi dan metode penugasaan. Adapun metode analisisi data digunakan analisis deskriptif kualitatif, yaitu suatu metode penelitian yang bersifat menggambarkan kegiatan fakta sesuai dengan data yang diperoleh, hal tersebut bertujuan untuk mengetahui hasil belajar yang dicapai siswa dan untuk mengetahui respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran serta aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Penggunaan metode peta konsep telah berhasil meningkatkan kemampuan menulis laporan perjalanan siswa kelas VIII.A. Pada siklus I aktivitas pembelajaran guru mencapai 89% meningkat menjadi 100% pada siklus II. Pada siklus I aktivitas belajar siswa mencapai 59% dan perolehan hasil belajar rata-rata siswa mencapai 71 dengan ketuntasan belajar 61%. Pada siklus II aktifitas belajar mengalami peningkatan menjadi 92% dan perolehan hasil belajar rata-rata siswa mencapai 85 dengan ketuntasan belajar 94%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Peningkatan, Kemampuan, Peta Konsep, Menulis Laporan Perjalanan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 30 Apr 2018 01:17
Last Modified: 30 Apr 2018 01:17
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3286

Actions (login required)

View Item View Item