PEMBUATAN SISTEM PENAMPUNGAN DAN POMPA AIR UNTUK NUTRISI TANAMAN BERBASIS JARINGAN NRF

Mohd. Norman, Mukhallish (2022) PEMBUATAN SISTEM PENAMPUNGAN DAN POMPA AIR UNTUK NUTRISI TANAMAN BERBASIS JARINGAN NRF. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
LAPORAN TUGAS AKHIR II_F1D017051.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Sistem irigasi tetes sangat sering digunakan di lahan pertanian yang kering, karena sumber air yang terbatas sehingga sistem irigasi tetes harus berfokus dalam hal penghematan penggunaan air untuk nutrisi tanaman. Sistem irigasi tetes membantu petani dalam pemberian air yang cukup kepada tanaman tapi dengan tetap memperhatikan pasokan air yang ada dalam penampungan air agar tidak menggunakan terlalu banyak air untuk penyiraman tanaman. Untuk pengecekan kapasitas air yang ada di penampungan air sangat sulit untuk dilakukan secara manual oleh petani maupun peneliti. Pembuatan sistem penampungan dan pompa air untuk nutrisi tanaman berbasis jaringan NRF bertujuan untuk membantu peneliti dalam mengetahui kapasitas air yang tersisa dan yang digunakan di dalam penampungan air. Dengan adanya rekapitulasi data yang dihasilkan oleh sistem ini dapat membedakan sistem ini dengan alat konvensional seperti keran otomatis. Data yang dihasilkan oleh sistem penampungan dan pompa air untuk nutrisi tanaman berbasis jaringan NRF ini akan dikirimkan menuju website yang sudah disediakan menggunakan GSM module yang terhubung internet. Penggunaan nRF24L01 pada sistem ini yang berfungsi sebagai transceiver data dapat dibilang optimal untuk lahan yang terbuka dan biaya yang ekonomis. Pembangunan sistem ini dilakukan di Dusun Amor-amor, Kabupaten Lombok Utara. Pendeteksian ketinggian air pada penampungan air menggunakan water level sensor dan waterflow sensor. Pendeteksian ketinggian air sudah cukup akurat dengan cara mengurangi jumlah air maksimal di dalam penampungan air dengan debit air yang digunakan. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan, nRF24L01 dapat bekerja dengan baik dengan jarak maksimal pengiriman data sejauh 700 meter. Energi yang dihasilkan oleh panel surya dipengaruhi dengan kondisi cuaca yang ada pada lahan pertanian yang dideteksi dengan menggunakan sensor cahaya dan juga sensor suhu.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Sistem Irigasi Tetes, Internet of Things, Water Level Sensor, nRF24L01, Water Flow Sensor, GSM Module.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 12 Nov 2022 03:44
Last Modified: 12 Nov 2022 03:44
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32861

Actions (login required)

View Item View Item