Analisis Upaya Indonesia dalam Melindungi Pekerja Migran Sektor Domestik Non-prosedural Melalui ASEAN Consensus on the Protection and Promotion of the Right of Migran Workers

Nadia, Aulia (2022) Analisis Upaya Indonesia dalam Melindungi Pekerja Migran Sektor Domestik Non-prosedural Melalui ASEAN Consensus on the Protection and Promotion of the Right of Migran Workers. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
NADIA AULIA_L1A018089_SKRIPSI_ANALISIS_UPAYA_INDONESIA_DALAM_MELINDUNGI_PEKERJA_MIGRAN_SEKTOR_DOM.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh Indonesia untuk melindungi pekerja migrant Indonesia (PMI) sektor domestic non- prosedural melalui ASEAN Consensus on the Protection and Promotion of the Right of Migrant Workers. ASEAN Consensus sendiri bertujuan untuk mengatur, menyelaraskan pandangan, memberikan pendekatan serta rekomendasi dalam menanggulangi masalah yang dihadapi oleh para pekerja migrant, untuk mewujudkan kawasan ASEAN yang aman bagi pekerja migran, khususnya pekerja migrant intra- ASEAN. Keberadaan ASEAN Consensus hanya terbatas pada regulasi dan pedoman bagi setiap negara anggota yang mewadahi berbagai kerjasama lanjutan yang akan dilakukan oleh negara-negara anggotanya. Dalam hal ini, Indonesia telah melakukan berbagai upaya untuk melindungi PMI sektor domestik non-prosedural dengan berdasarkan pada ASEAN Consensus, seperti melakukan implementasi terkait action plan ASEAN Consensus, reformasi domestik melalui Undang-undang perlindungan PMI serta repitalisasi nota kesepakatan terkait perlidungan pekerja migrant antara Indonesia dan Malaysia.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): ndonesia, ASEAN Consensus, PMI Non-prosedural
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Program Studi Hubungan Internasional
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 12 Nov 2022 03:47
Last Modified: 12 Nov 2022 03:47
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32869

Actions (login required)

View Item View Item