PEMANFAATAN MEDIA ANIMASI DALAM MENGEMBANGKAN BAHASA ANAK KELOMPOK B DI TK MUTIARA HATI KOTA MATARAM TAHUN 2022

NURZA, KIAH (2022) PEMANFAATAN MEDIA ANIMASI DALAM MENGEMBANGKAN BAHASA ANAK KELOMPOK B DI TK MUTIARA HATI KOTA MATARAM TAHUN 2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
NURZAKIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan bahasa sangat penting diterapkan untuk pertumbuhan dan perkembangan anak, karena setiap aktivitas menggunakan bahasa. Mengingat pentingnya suatu perkembangan bahasa sehingga membutuhkan pembelajaran yang menarik salah satunya menggunakan media animasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan media animasi dalam mengembangkan bahasa anak kelompok B di TK Mutiara Hati. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian 11 anak di kelompok B2. Data dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam pemanfaatan media animasi pada kelompok B dilakukan pada saat kegiatan pembelajaran dimulai dari pijakan sebelum main untuk menguatkan konsep dan perilaku baik pada anak. Guru akan menjelaskan sesuai tema sebelum kegiatan dalam pemanfaatan media animasi yang digunakan sebagai sarana pembelajaran. terdapat 5 indikator yang menonjol pada setiap kemampuan anak yaitu menyebutkan nama benda yang ada disekitar, menjawab pertanyaan dengan baik, menjawab sesuai pertanyaan, mengungkapkan pendapat, menceritakan kembali kejadian yang dialami yang dilakukan tanpa bantuan dari guru yang dikategorikan berkembang sesuai harapan sehingga pemanfaatan media animasi mampu mengembangkan bahasa anak kelompok B di TK Mutiara Hati. Berdasarkan hasil yang dilakukan terdapat 1 indikator yang dikategorikan belum berkembang (BB), 5 indikator yang dikategori mulai berkembang (MB), 8 indikator yang dikategorikan berkembang sesuai harapan (BSH), dan 2 indikator yang dikategorikan berkembang sangat baik (BSB), dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan memanfaatkan media animasi memberi dampak yang baik dalam perkembangan bahasa anak usia dini jika dilaksanakan secara maksimal.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Media Animasi, Perkembangan Bahasa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 12 Nov 2022 03:47
Last Modified: 12 Nov 2022 03:47
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32875

Actions (login required)

View Item View Item