STUDI POPULASI DAN POLA SEBARAN MONYET EKOR PANJANG (Macaca fascicularis) DI ZONA PEMANFATAAN RESORT JOBEN TAMAN NASIONAL GUNUNG RINJANI

Baiq Maulida, Syarifa (2022) STUDI POPULASI DAN POLA SEBARAN MONYET EKOR PANJANG (Macaca fascicularis) DI ZONA PEMANFATAAN RESORT JOBEN TAMAN NASIONAL GUNUNG RINJANI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Pertanian Baiq Maulida Syarifa.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal Baiq Maulida Syarifa.pdf

Download (442kB) | Preview

Abstract

Monyet Ekor Panjang merupakan salah satu jenis primata yang memiliki persebaran yang sangat luas di Indonesia yang memiliki badan kecil, rambut berwarna abu-abu hingga kecokelatan dan memiliki ekor panjang. Berdasarkan IUCN, Macaca fascicularis dikategorikan dalam kriteria Endangered yang artinya terancam punah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis populasi Monyet Ekor Panjang (Macaca fascicularis) meliputi ukuran populasi, kepadatan, jumlah kelompok, sex ratio, struktur umur dan mengetahui pola penyebaran Monyet Ekor Panjang (Macaca fascicularis) di Zona Pemanfaatan Resort Joben Taman Nasional Gunung Rinjani. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari hingga Juli 2022 dengan menggunakan metode Reconnaissance survey untuk studi populasi dan pola sebaran Monyet Ekor Panjang dilakukan dengan teknik marking GPS (waypoint). Ukuran populasi Monyet Ekor Panjang di Zona Pemanfaatan Resort Joben berkisar di antara 11 – 53 individu tiap kelompok dengan kepadatan 1,6 individu/hektar, seks rasio global 1:1, membentuk struktur umur stasioner dan membentuk pola sebaran acak. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis kuantitatif.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): IUCN, Monyet Ekor Panjang, Pola Sebaran, Reconnaissance survey dan Studi Populasi
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 14 Nov 2022 04:09
Last Modified: 14 Nov 2022 04:09
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32927

Actions (login required)

View Item View Item