PERANAN PEREMPUAN DALAM BUDIDAYA LEBAH MADU TRIGONA SP DI DUSUN MONTONG SINGGAN DESA SALUT KECAMATAN KAYANGAN KABUPATEN LOMBOK UTARA

DONI, SUMANTRI (2022) PERANAN PEREMPUAN DALAM BUDIDAYA LEBAH MADU TRIGONA SP DI DUSUN MONTONG SINGGAN DESA SALUT KECAMATAN KAYANGAN KABUPATEN LOMBOK UTARA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI PENELITIAN ''DONI SUMANTRI''.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan, mengetahui peranan perempuan dalam budidaya lebah madu Trigona Sp di Dusun Montong Singgan Desa Salut Kecamatan Kayangan Kabupaten Lombok Utara. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, adapun pengambilan subjek penelitian dengan teknik purposive sampling. Teknik Pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah wawancara 10 orang informan. Teknik pengolahan/analisis data yang peneliti gunakan adalah analisis data kualitatif yang di pilih dengan pertimbangan-pertimbangan. Kegiatan analisis terdiri dari tiga alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Peranan perempuan di tempat penelituian adalah membantu suaminya dalam usaha budidaya lebah madu Trigona Sp sebagai penanaman pakan (90 %) dan sebagai teknik budidaya (10 %). Adanya keterlibatan peranan informan dalam budidaya lebah madu Trigona Sp, sangat meringangkan pekerjaan suami. Kontribusi perempuan dalam membudidaya lebah madu Trigona Sp cukup membantu keuangan keluarga, Seluruh informan (100%) mempersepsikan bahwa membudidaya lebah madu Trigona Sp cukup membantu untuk kebutuhan keuangan keluarga, baik dari segi ekonomis maupun non ekonomis. pendapatan informan sebanyak, 50 ribu sebanyak 4 orang, 100 ribu sebanyak 3 orang, 200 ribu sebanyak 2 orang dan 300 ribu sebanyak 1 orang.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): peranan perempuan, budidaya lebah madu Trigona Sp.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 14 Nov 2022 04:09
Last Modified: 14 Nov 2022 04:09
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32928

Actions (login required)

View Item View Item