EFEKTIVITAS PROGRAM CALL CENTER 112 TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DISKOMINFO KOTA MATARAM

Risma, Yuwardiati (2022) EFEKTIVITAS PROGRAM CALL CENTER 112 TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DISKOMINFO KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI RISMA YUWARDIATI (L1B018102) (Terbaru).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal Risma Yuwardiati (L1B018102).pdf

Download (195kB) | Preview

Abstract

Pelayanan nomor panggilan darurat 112 adalah suatu fasilitas yang diprogramkan oleh pemerintah kepada masyarakat yang memerlukan pertolongan dengan sigap jika mengalami keadaan darurat seperti kecelakaan, bencana alam, kebakaran, gangguan keamanan dan ketertiban umum, bantuan medis, dan kerusuhan. Call Center 112 merupakan sarana utama dalam memberikan pelayanan publik kepada masyarakat Kota Mataram yang dilakukan pemerintah pusat melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Mataram. Diharapkan dengan hadirnya nomor 112 yang dijalankan oleh Pemerintah Daerah, masyarakat hanya perlu mengingat satu nomor saja, yaitu nomor 112 yang mengoordinasikan seluruh nomor panggilan darurat untuk memperoleh pertolongan segala jenis keadaan darurat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas program Call Center 112 terhadap kualitas pelayanan Diskominfo Kota Mataram. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kombinasi (mixed methods) dengan desain eksplanatori sekuensial dengan pengambilan sampel pada penelitian kuantitatif menggunakan teknik random sampling sedangkan pada penelitian kualitatif menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Efektivitas Program Call Center 112 terhadap Kualitas Pelayanan Diskominfo Kota Mataram dapat dikatakan efektif, karena terdapat adanya korelasi atau hubungan dari penelitian kuantitatif dengan penelitian kualitatif. Hasil penelitian kuantitatif didapatkan dengan hasil skor keseluruhan 12.095 dan nilai rata-rata 67,19% dengan kategori Baik. Penelitian kualitatif di dapatkan dengan wawancara bersama pihak internal Diskominfo Kota Mataram serta pihak media, yakni radio CNL.Fm Lombok dan Suara NTB. Hasil penelitian kualitatif diperoleh dengan menganalisa efektivitas program Call Center 112 menurut teori dari Budiani dan kualitas pelayanan Diskominfo Kota Mataram menurut teori dari Zeithamlh. Berdasarkan analisa mengenai efektivitas program Call Center 112 dapat dijabarkan bahwa ketepatan sasaran program dan tujuan program menujukkan hasil terdapat hubungan antara hasil data kuantitatif dengan hasil data kualitatif. Sedangkan mengenai sosialisasi program dan pemantauan program menunjukkan hasil yang bertolak belakang antara hasil data kualitatif dengan hasil data kuantitatif. Kemudian analisa kualitas pelayanan Diskominfo Kota Mataram dapat dijabarkan pada poin berwujud, kehandalan, ketanggapan dan empati menunjukkan hasil bahwa terdapat korelasi antara hasil wawancara dengan hasil jawaban pada setiap pernyataan kuesioner yang telah peneliti sebarkan kepada 100 orang responden.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Efektivitas Program, Call Center 112, Kualitas Pelayanan
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 14 Nov 2022 04:09
Last Modified: 14 Nov 2022 04:09
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32929

Actions (login required)

View Item View Item