PERTUMBUHAN DAN KEPEKAAN Bacillus spp. ASAL ABALON (Haliotis asinina) TERHADAP ANTIBIOTIK SEBAGAI SELEKSI KANDIDAT PROBIOTIK

NURUL ZULFA, FITRIANA (2022) PERTUMBUHAN DAN KEPEKAAN Bacillus spp. ASAL ABALON (Haliotis asinina) TERHADAP ANTIBIOTIK SEBAGAI SELEKSI KANDIDAT PROBIOTIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penggunaan probiotik merupakan inovasi dalam upaya meningkatkan produksi dan melawan patogen pada lingkungan budidaya akuakultur. Mikroorganisme kandidat probiotik dipilih secara selektif guna memastikan produk probiotik yang dihasilkan aman dan memberikan manfaat untuk inang dan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk menyeleksi kandidat probiotik berdasarkan aspek pertumbuhan dan kepekaan terhadap antibiotik dari isolat Bacillus CaK1 (B. coagulans), CaK2 (B. coagulans), SLK1 (B. pulminans), dan SLK2 (B. licheniformis) asal abalon (Haliotis asinina). Pengamatan pertumbuhan dilakukan dengan metode turbidimetri mengunakan spektrofotometer pada panjang gelombang 600nm dalam media SWC, dan kepekaan antibiotik diuji menggunakan antibiotik Rifampisin, Gentamisin, Kanamisin, dan Eritromisin dengan metode agar sumuran pada media MHA. Analisis pertumbuhan isolat digambarkan dengan kurva pertumbuhan bedasarkan nilai OD, dan kepekaan antibiotik berdasarkan diameter zona hambat. Hasil penelitian menunjukan bahwa pertumbuhan keempat isolat Bacillus spp. mempunyai fase lag yang singkat dengan fase eksponensial berkisar selama 15 jam pada isolat SLK1 (B. pulminans) dan SLK2 (B. licheniformis), dan 12 jam pada isolat CaK1(B. coagulans) dan CaK6 (B. coagulans). Kepekaan antibiotik menunjukkan isolat CaK1 (B. coagulans) sensitif terhadap semua antibiotik uji, sedangkan isolat SLK1 (B. pulminans), SLK2 (B. licheni-formis), dan CaK6 (B. coagulans) hanya sensitif pada antibiotik Rifampisin dan Gentamisin. Kandidat probiotik yang ideal adalah isolat dengan pertumbuhan yang baik dan tidak memiliki sifat resistensi, berdasarkan hasil penelitian isolat CaK1 berpotensi sebagai kandidat probiotik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Probiotik, Bacillus, abalon, pertumbuhan, kepekaan antibiotik
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 14 Nov 2022 04:09
Last Modified: 14 Nov 2022 04:09
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32930

Actions (login required)

View Item View Item