ANALISIS PERMINTAAN BUNGA MARIGOLD (Tagetes Erecta L) PADA PASAR TRADISIONAL DI KOTA MATARAM

Ida Ayu, Rawinyani (2022) ANALISIS PERMINTAAN BUNGA MARIGOLD (Tagetes Erecta L) PADA PASAR TRADISIONAL DI KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI IDA AYU RAWINYANI_C1G018064.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Penentuan lokasi sampel pada pasar tradisional ini dilakukan dengan metode purposive sampling dengan pertimbangan bahwa pada pasar tradisional tersebut memiliki jumlah pedagang bunga marigold lebih banyak. Berdasarkan hasil pengamatan awal, ditetapkan empat pasar tradisional di Kota Mataram yang terdiri dari pasar Karang Jasi, pasar Cemara, pasar Abian Tubuh dan pasar Sindu. Unit analisis dalam penelitian ini adalah pembeli bunga marigold yang berada di pasar tradisional Kota Mataram. Penentuan responden ditentukan secara accidental sampling yaitu responden diambil dari siapa saja yang sedang membeli bunga di pasar tersebut untuk kemudian diwawancarai dengan menggunakan daftar pertanyaan yang telah disiapkan. Penentuan jumlah responden menggunakan metode quota sampling yaitu dengan cara menetapkan 40 jumlah responden pembeli bunga marigold, dengan mengambil masing-masing 10 responden pada setiap pasar di daerah penelitian. Jenis data yang digunakan yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Analisis data menggunakan analisis regresi berganda, uji hipotesis dan analisis uji asumsi klasik. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata permintaan bunga marigold pada pasar tradisional di Kota Mataram sebesar 30,96 Kg/bulan. Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan bunga marigold yaitu pada variabel harga bunga marigold (X1) signifikan pada taraf 5% dengan memiliki nilai signifikan 0,043 < 0,05, maka dapat disimpulkan variabel X1 berpengaruh secara nyata terhadap permintaan bunga marigold (Y). Variabel pendapatan responden xiv (X3) signifikan pada taraf 5% dengan memiliki nilai signifikan 0,029 < 0,05, maka dapat disimpulkan variabel X3 berpengaruh nyata terhadap permintaan bunga marigold (Y). Variabel dummy upacara keagamaan (D) signifikan pada taraf 5% dengan memiliki nilai signifikan 0,028 < 0,05, maka dapat disimpulkan variabel dummy upacara keagamaan (D) berpengaruh nyata terhadap permintaan bunga marigold (Y). Dari hasil penelitian diatas artinya harga bunga marigold, pendapatan responden dan pemanfaatan untuk upacara keagamaan berpengaruh nyata terhadap permintaan bunga marigold. Berdasarkan hasil penelitian pada analisis permintaan bunga marigold pada pasar tradisional di Kota Mataram maka dapat diajukan saran kepada para pedagang bunga marigold agar dapat menyiapkan atau memiliki persediaan bunga marigold dengan jumlah yang lebih banyak saat menjelang hari raya upacara keagamaan dibandingkan dengan hari biasa, agar para pedagang bunga marigold dapat memenuhi permintaan bunga marigold oleh konsumen.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Permintaan, Bunga Marigold
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 14 Nov 2022 04:09
Last Modified: 14 Nov 2022 04:09
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32934

Actions (login required)

View Item View Item