PENGARUH KONFUSIANISME TERHADAP KEBIJAKAN LUAR NEGERI CHINA PADA KONSEP COMMUNITY OF COMMON DESTINY DI ERA PRESIDEN XI JINPING

M. FAUZIN, AL HABIB (2022) PENGARUH KONFUSIANISME TERHADAP KEBIJAKAN LUAR NEGERI CHINA PADA KONSEP COMMUNITY OF COMMON DESTINY DI ERA PRESIDEN XI JINPING. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_M FAUZIN AL HABIB_L1A017068.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini memberikan gambaran bagaimana pengaruh Pengaruh Konfusionisme Terhadap Kebijakan Luar Negeri China Melalui Konsep Community Of Common Destiny (CCD) Pada Era Presiden Xi Jinping. Karena China dikenal dengan negara Konfusius, penulis mencoba mengkaitkan pengaruh konfusianisme terhadap pengambilan kebijakan luar negeri China pada konsep CCD di pemerintahan Xi Jinping. Setelah masa keterbukaan di lakukan oleh China sehingga nilai budaya asli China mulai terkikis maka pemimpin China sadar akan hal itu sehingga memilih kembali kepada karateristik bangsa China itu sendiri dalam pengambilan kebijaakan luar negeri mereka. Penelitian ini menggunakan teori Konstruktivisme Identitas dan konsep Konfusianisme untuk menjawab permasalahan yang disajikan dalam dalam penelitian ini. Setelah melakukan penelitian maka Konfusianisme ini ada pengaruh cukup besar melatar belakangi setiap pengambilan kebijakan luar negeri China. negara harus mengadvokasikan dunia kedalam komunitas bersama sebagai karakter Konfusianisme dan semua yang ada di dunia ini adalah dibawah naungan langit yang sama (Tianxia) sebagai konsep dasar konfusianisme mengilhami kebijakan CCD sehingga kebijakan turunannya lahir yaitu Belt and Road Initiative (BRI) sebagai implementasi nilai Tianxia, kerjasama dengan negeara tetangga dan negera berkembang sebagai penerapan nilai Ren (kemanusiaan) dan Zhi (Kebijaksanaan) serta penerapan karakter Konfusianisme yaitu pemimpin harus Menjaga hubungan dekat dan persatuan dengan negara tetangga berdasarkan kepercayaan dan persahabatan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Konfusianisme, Kontruktivisme, Identitas, Community Of Common Destiny, China, Belt and Road Initiative, Tianxia, kerjasama luar negeri, negera tetangga, negara berkebang.
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Program Studi Hubungan Internasional
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 14 Nov 2022 04:09
Last Modified: 14 Nov 2022 04:09
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32936

Actions (login required)

View Item View Item