IMPLEMENTASI TANGGUNG JAWAB PENGUSAHA TERHADAP PEMELIHARAAN KESEHATAN BAGI PEKERJA DENGAN PERJANJIAN KERJA JANGKA WAKTU TERTENTU (STUDI DI PT. CAHAYA MUSTIKA MUTIARA)

Andi Annisa Juli, Rizkia (2022) IMPLEMENTASI TANGGUNG JAWAB PENGUSAHA TERHADAP PEMELIHARAAN KESEHATAN BAGI PEKERJA DENGAN PERJANJIAN KERJA JANGKA WAKTU TERTENTU (STUDI DI PT. CAHAYA MUSTIKA MUTIARA). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
CD Skripsi Andi Annisa Juli Rizkia (D1A018025).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (999kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah agar dapat mengetahui bagaimana tanggung jawab pengusaha terhadap pelaksanaan jaminan pemeliharaan kesehatan bagi pekerja dengan perjanjian kerja waktu tertentu dan untuk mengetahui apa saja faktor yang mempengaruhi pelaksanaan tanggung jawab pengusaha terhadap pemeliharaan kesehatan bagi pekerja dengan perjanjian kerja waktu tertentu di PT. Cahaya Mustika Mutiara. Adapun permasalahan yang ingin diteliti pada penelitian ini adalah bagaimana tanggung jawab pengusaha terhadap pelaksanaan jaminan pemeliharaan kesehatan bagi pekerja dengan perjanjian kerja waktu tertentu dan apa faktor yang mempengaruhi pelaksanaan tanggung jawab pengusaha terhadap pemeliharaan kesehatan bagi pekerja dengan perjanjian kerja waktu tertentu di PT. Cahaya Mustika Mutiara. Penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris. Hasil dari penelitian ini adalah pengusaha berkewajiban mengadakan pemeliharaan kesehatan dan keselamatan kerja yang meliputi upaya peningkatan (promotif), pencegahan (preventif) penyembuhan (kuratif), dan pemulihan (rehabilitatif). Upaya-upaya tersebut dapat dilakukan dengan cara mendaftarkan pekerja pada BPJS Kesehatan, menyediakan P3K dan alat pelindung diri bagi pekerja serta memberikan cuti/istirahat bagi pekerja. Faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan tanggung jawab pengusaha terhadap pemeliharaan kesehatan pekerja yaitu: a) Faktor undang-undang, b) Faktor penegak hukum atau adanya pengawasan pada pelaksanaannya, c) Faktor budaya atau tingkat kesadaran hukum perusahaan, d) Faktor sarana atau fasilitas yang memadai dapat berupa penyediaan alat perlindungan diri di tempat kerja

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Tanggung jawab, Pemeliharaan Kesehatan, PKWT
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 14 Nov 2022 04:09
Last Modified: 14 Nov 2022 04:09
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32940

Actions (login required)

View Item View Item