KAJIAN SIFAT KIMIA TANAH PADA LAHAN HUTAN KEMASYARAKATAN (HKm) DENGAN BEBERAPA JENIS POHON BUAH DI DESA SESAOT KECAMATAN NARMADA KABUPATEN LOMBOK BARAT

Nita Dian, Nurwahdania (2022) KAJIAN SIFAT KIMIA TANAH PADA LAHAN HUTAN KEMASYARAKATAN (HKm) DENGAN BEBERAPA JENIS POHON BUAH DI DESA SESAOT KECAMATAN NARMADA KABUPATEN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_NITA DIAN NURWAHDANIA_C1B017041.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal_Nita Dian Nurwahdania_C1B017041_Ilmu Tanah.pdf

Download (698kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sifat kimia tanah (pH, KTK, C- organik, N, P, dan K) dan hubungannya dengan pertumbuhan pohon buah pada lahan Hutan Kemasyarakatan Desa Sesaot Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat. Metode penelitian yang digunakan ialah metode deskriptif dengan teknik survei. Dalam menentukan lokasi penelitian dilakukan secara purposive random sampling yaitu titik lokasi percobaan dipilih secara acak berdasarkan pertimbangan-pertimbangan yang ditentukan oleh peneliti. Lahan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lahan Hutan Kemasyarakatan sesaot yang terletak di sebelah barat Taman Nasional Rinjani, memiliki luas 5.950 Ha. Pengambilan sampel tanah dilakukan dengan sistem diagonal, yaitu menetapkan satu titik sebagai titik pusat pada lahan tanaman yang akan diambil sampel tanahnya, yaitu pada lahan pohon buah durian, alpukat, manggis, dan rambutan. Kemudian ditentukan titik-titik di sekelilingnya, jumlah titik yang akan dibuat sebanyak 5 buah (1 titik pusat + 4 titik diagonal). Jarak antara setiap titik kurang lebih 50 meter diukur dari titik pusat. Parameter yang diukur yaitu meliputi pengukuran pH menggunakan pH meter, analisis C-Organik menggunakan metode Walkey & Black, analisis kapasitas tukar kation (KTK) menggunakan metode pengestrak amonium asetat pH 7, analisis N menggunakan metode Kjeldahl, analisis P menggunakan metode Bray 1, dan analisis K menggunakan metode pengestrak amonium asetat pH 7. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sifat kimia tanah pada lahan Hutan Kemasyarakatan Sesaot yang ditanami tanaman buah Durian, Manggis, Alpukat, dan Rambutan menunjukan pH tanah tergolong agak masam, KTK tanah berada pada kriteria rendah hingga sedang, C-organik pada kriteria rendah hingga sedang, unsur hara N tergolong rendah hingga sedang, unsur hara P tergolong rendah sampai sangat tinggi, dan unsur hara K berada pada kriteria sedang hingga sangat tinggi dan pada analisis regresi sifat kimia tanah terhadap pertumbuhan pohon menunjukkan bahwa C-organik tanah, KTK tanah, dan N- total tanah menunjukkan hubungan linier sangat nyata terhadap pertumbuhan pohon. Sedangkan P-tersedia tanah dan K-tersedia tanah tidak berpengaruh nyata terhadap pertumbuhan beberapa jenis pohon buah di Lahan HKm Sesaot.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kimia tanah, hutan kemasyarakatan, pohon buah
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 14 Nov 2022 04:39
Last Modified: 14 Nov 2022 04:39
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32942

Actions (login required)

View Item View Item