PENGEMBANGAN MEDIA TUTORIAL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KOMPUTER PADA MATERI POKOK BANGUN RUANG DI KELAS VIII SMPN 1 KERUAK TAHUN AJARAN 2021/2022

Baiq Dian, Arianingsih (2022) PENGEMBANGAN MEDIA TUTORIAL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KOMPUTER PADA MATERI POKOK BANGUN RUANG DI KELAS VIII SMPN 1 KERUAK TAHUN AJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk media tutorial pembelajaran matematika berbasis komputer yang valid, praktis, dan efektif serta mendeskripsikan media tutorial pembelajaran matematika berbasis komputer. Subjek dari penelitian ini adalah 30 siswa kelas IX-4 di SMPN 1 Keruak. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang mengacu pada model ADDIE dari Brunch. Adapun ADDIE merupakan akronim dari Analyze (analisis), Design (desain), Develop (pengembangan), Implement (implementasi), dan Evaluate (evaluasi). Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian terdiri atas instrumen validasi media, instrumen kepraktisan untuk guru dan siswa, instrumen keefektifan berupa pretest dan posttest. Berdasarkan uji kevalidan media , media tutorial yang telah divalidasi oleh ahli berada pada kategori “sangat valid” dengan persentase kedua ahli adalah 87% dan 89%. Sedangkan penilaian untuk uji kepraktisan berada pada kategori “sangat valid” untuk guru maupun siswa dengan persentase 89% untuk praktisi guru dan 89,3% untuk praktisi siswa. Uji keefektifan media berada pada kategori “sedang” dengan nilai N-Gain 64,2, dengan jumlah siswa yang mendapatkan nilai tinggi sebanyak 16 siswa dan nilai sedang sebanyak 14 siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa media tutorial pembelajaran matematika berbasis komputer yang dikembangkan memenuhi kategori valid karena memfasilitasi untuk mencapai tujuan pembelajaran, praktis karena mudah dipahami dan mudah digunakan, dan efektif karena telah mampu mencapai tujuan pembelajaran, sehingga media tutorial layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): media pembelajaran matematika, media pembelajaran tutorial, media tutorial berbasis komputer, bangun ruang
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 14 Nov 2022 04:39
Last Modified: 14 Nov 2022 04:39
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32943

Actions (login required)

View Item View Item