POLA PEMBERDAYAAN SANTRIWATI MELALUI PROGRAM PONDOK PESANTREN (Studi di Pondok Pesantren Nurul Haramain Putri NW Narmada)

IHZA SYAFITRI, WAHIDAH (2022) POLA PEMBERDAYAAN SANTRIWATI MELALUI PROGRAM PONDOK PESANTREN (Studi di Pondok Pesantren Nurul Haramain Putri NW Narmada). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi IHZA SYAFITRI WAHIDAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian bertujuan mengetahui (1) bagaimana pola perencanaan pemberdayaan santriwati melalui program Pondok Pesantren Nurul Haramain Putri NW Narmada (2) bagaimana pola pelaksanaan pemberdayaan santriwati melalui program Pondok Pesantren Nurul Haramain Putri NW Narmada (3) bagaimana pola evaluasi pemberdayaan santriwati melalui program Pondok Pesantren Nurul Haramain Putri NW Narmada dan mengetahui (4) apa saja manfaat program pemberdayaan bagi santriwati melalui program Pondok Pesantren Nurul Haramain Putri NW Narmada. Pendekatan yang digunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Jenis data penelitian adalah data primer dan data sekunder. Sumber data penelitian adalah subjek penelitian dan informan penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik analisis data Miles dan Huberman dengan tahapan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masing-masing program pemberdayaan santriwati terdapat 3 pola pemberdayaan yaitu; (1) pola perencanaan secara keseluruhan terdiri dari 5 pola perencanaan yaitu pola perencanaan memformulasikan tujuan yang ingin dicapai, pola perencanaan membuat urutan kegiatan, pola perencanaan menentukan personalia yang bertanggung jawab, pola menyusun waktu pelaksanaan, dan pola perencanaan menentukan anggaran kegiatan (2) pola pelaksanaan terdiri dari 4 pola yaitu pola pelaksanaan kegiatan sesuai rencana, pola pelaksanaan kegiatan sesuai rencana, pola pelaksanaan kerjasama antara pelaksana dan penerima program, dan pola meningkatkan peran santriwati dalam pelaksanaan kegiatan yang dilakukan, sedangkan (3) pola evaluasi terdiri dari 3 pola yaitu pola menentukan metode evaluasi, melakukan evaluasi, dan memilih jenis evaluasi serta (4) memberikan manfaat kepada pondok pesantren dan kepada santriwati yaitu ilmu tentang kewirausahaan seperti berbisnis, perkembangan kemampuan berbahasa arab dan bahasa inggris, dapat menerapkan ilmu pers dan jurnalistik di lingkungan pondok dan di luar pondok, serta dapat mengetahui dan menerapkan ilmu keperempuanan dasar (nisa’iyat) di lingkungannya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): pola pemberdayaan santriwati, pola perencanaan, pola pelaksanaan, pola evaluasi, manfaat pemberdayaan
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 14 Nov 2022 04:39
Last Modified: 14 Nov 2022 04:39
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32950

Actions (login required)

View Item View Item