PENERAPAN SISTEM PEMBELAJARAN DOOR TO DOOR OLEH GURU PPKn SELAMA PANDEMI COVID-19 DI SMAN 2 KOTA BIMA

Elsa Firda, Ramadan (2022) PENERAPAN SISTEM PEMBELAJARAN DOOR TO DOOR OLEH GURU PPKn SELAMA PANDEMI COVID-19 DI SMAN 2 KOTA BIMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
ELSA FIRDA RAMADAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan sistem pembelajaran Door To Door dan mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat penerapan system pembelajaran Door To Door selma masa pandemi Covid-19 di SMA N 2 KOTA BIMA.Fokus penelitian ini adalah guru dan siswa dalam menggunakan sistem pembelajaran Door To Door.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan wawancara .Tekhnik analis data menggunakan Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Penerapan sistem pembelajaran Door To Door berjalan dengan baiksangat membangun interaksi antara peserta didik dan guru dengan kegiatan menyampaikan suatu pelajaran di luar kelas, sehingga kegiatan atau aktivitas belajar mengajar berlangsung di luar kelas atau di rumah masing-masing peserta didik.Akses yang di gunakan juga mudah dijangkau dan sudah dibagikan kuota secara merata oleh pihak sekolah untuk membantu pengoptimalan penggunaan sistem pembelajaran Door To Door. (2) Faktor pendukung dan faktor penghabat penerapan sistem pembelajaran Door To Door,faktor pendukung berupa Lingkungan yang sangat baik pengaruhnya karena banyak hal yang bisa dimanfaat di lingkungan sekitar sebagai bahan ajar,tingkah laku individu yang beradaptaasi dengan kebiasaan baru sangat baik apresiasi dan antusiasya dalam xvi mengikuti pembelajaran menggunakan model ini,orang tua sebagai faktor penghambat karena menganggap sekolah menggunakan model ini tidak begitu penting dan tidak menyuruh anaknya untuk sekolah,memanfaatkan anaknya untuk membantu perekonomian karena maayoritas berkebun dan bertani dan dirisendiri (siswa) sebagai faktor penghambat karena kurangnnya kesadaran diri darisiswa itu sendiri akan pentingnya pembelajaran, padahal model pembelajaran ini sudah sangat efektif untuk mengoptimalkan pembelajaran selama masa pandemiCovid-19

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Sistem, siswa, Covid-19, Guru PPKn
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 14 Nov 2022 04:39
Last Modified: 14 Nov 2022 04:39
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32955

Actions (login required)

View Item View Item