PERAN ORANG TUA DALAM MENDORONG MOTIVASI BELAJAR ANAK SELAMA PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN PPKn (STUDI DI LINGKUNGAN TOLOTONGGA)

MULI, ATI (2022) PERAN ORANG TUA DALAM MENDORONG MOTIVASI BELAJAR ANAK SELAMA PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN PPKn (STUDI DI LINGKUNGAN TOLOTONGGA). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI MULIATI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui peran orang tua dalam mendorong motivasi belajar anak selama pembelajaran daring pada mata pelajaran ppkn. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Lingkungan Tolotongga Kelurahan Ule Kecamatan Asakota Kota Bima, dengan subjek 9 anak dan 9 orang tua siswa. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, akan dianalisis kembali menggunakan beberapa tahap yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan validasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran orang tua dalam mendorong motivasi belajar anak selama pembelajaran daring yaitu kategori baik dengan menyediakan fasilitas belajar,mengawasi anak belajar dan membantu kesulitan belajar anak. Untuk faktor penghambat disebabkan keadaan anak, kesibukan orang tua dan keadaan sekitar sedangkan faktor pendukungnya adalah rasa tanggung jawab orang tua kepada anak.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Peran Orang Tua, Motivasi Anak, dan Pembelajaran Daring
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 16 Nov 2022 00:52
Last Modified: 16 Nov 2022 00:52
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32967

Actions (login required)

View Item View Item