ANALISIS ASPEK EDUKATIF PADA NOVEL HALAMAN TERAKHIR KARYA YUDHI HERWIBOWO DAN HUBUNGANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

Yana, Fitriani (2022) ANALISIS ASPEK EDUKATIF PADA NOVEL HALAMAN TERAKHIR KARYA YUDHI HERWIBOWO DAN HUBUNGANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi yana.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Analisis aspek edukatif, dalam karya sastra novel, memiliki beragam nilai- nilai pendidikan di dalamnya. Oleh karenanya, nilai pendidkan menjadi nilai yang sangat penting dalam kehidupan. Nilai-nilai pendidikan dapat disampaikan guru di sekolah sebagai motivasi terhadap dirinya sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji aspek edukatif yang ada pada novel Halaman Terakhir karya Yudhi Herwibowo dan hubungan pembelajaran sastra di SMA. Metode yang digunakan, yaitu deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data studi kepustakaan dan teknik baca catat. Berdasarkan hasil dan pembahasaan menunjukkan aspek edukatif yang terdapat di antaranya: (1). Nilai religius yang terdapat pada novel Halaman Terakhir menunjukkan sifat tokoh sebagai hamba yang sentiasa menjalankan ibadah, seperti berdoa, melakukan kebaikan dan akhlak terhadap sesama. (2). Nilai moral, tokoh yang terdapat pada novel menujukkan rasa moralitas, yang berkaitan tentang rasa saling menghormati, kepedulian, kebijaksanaan terhadap sesama. Pendidikan moral berkaitan erat dengan nilai agama dalam membentuk karakter dan kepribadian. (3). Nilai sosial berkaitan dengan interaksi sosial dalam masyarakat yang berperan sebagai perlindungan sosial. Salah satu bentuk nilai pendidikan sosial, yaitu peraturan yang telah diterapkan di dalam negara atau lembaga lainnya. Tokoh Hoegeng, menunjukkan salah satu bentuk peraturan yang diterapkan dalam semua lapisan masyarakat. Di tengah hiruk-pikuk kasus Sumaryah, Hoegeng mengeluarkan peraturan soal pemakaian helm bagi pengendara bermotor serta anjuran bagi pembonceng untuk duduk dengan mengangkang, tidak menyamping. Tokoh Hoegeng telah mampu memberikan contoh yang baik sebagai bentuk perubahan tingkah laku dan pengetahuan. Sehingga, menambah wawasan tentang pentingnya menaati peraturan serta menjaga keselamatan. (4). Nilai budaya. Tokoh Hoegeng menunjukkan kesenanggannya atau kebiasaannya bermain alat musik yang diturunkan kepada anak-anaknya.Keahliaan yang ditunjukkan bisa menjadi pengajaran untuk sentiasa melestarikan budaya yang dimiliki. Hubungan novel Halaman Terakhir dengan aspek edukatif sesuai dengan pembelajaran sastra di xi SMA dalam menunjang proses pencapaian tujuan pembelajaran yang diajarkan pada kompetensi dasar (KD).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Novel, Nilai Edukatif, Hubungannya Dengan Pembelajaran Sastra di SMA.
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 16 Nov 2022 00:52
Last Modified: 16 Nov 2022 00:52
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32968

Actions (login required)

View Item View Item