IMPLEMENTASI PROGRAM ZERO WASTE UNTUK MEMBENTUK WARGA NEGARA EKOLOGIS (Studi Upaya Pengelolaan Sampah di SMAN 1 Mataram)

Syeftian, Pranata (2022) IMPLEMENTASI PROGRAM ZERO WASTE UNTUK MEMBENTUK WARGA NEGARA EKOLOGIS (Studi Upaya Pengelolaan Sampah di SMAN 1 Mataram). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Syeftian Pranata.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi program zero waste untuk membentuk warga negara ekologis dan faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi program zero waste untuk membentuk warga negara ekologis di SMAN 1 Mataram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Subyek dan informan penelitian ini ditentukan berdasarkan kriteria- kriteria. Data yang telah terkumpul di analisis secara deskriptif melalui langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Temuan dalam penelitian ini yaitu implementasi program zero waste untuk membentuk warga negara ekologis di SMAN 1 Mataram meliputi: tujuan program zero waste, waktu pelaksanaan program zero waste, penerapan zero waste refuse, reduce, reuse, recycle, rot, environmental knowledge, environmental skill, environmental attitude, environmental participation. Faktor internal yang mempengaruhi implementasi program zero waste meliputi guru, siswa, prasarana zero waste. Faktor eksternal yang mempengaruhi implementasi program zero waste yaitu adanya hubungan kerjasama dengan dinas/instansi terkait

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Zero Waste, Kewarganegaraan Ekologis, Pengelolaan sampah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 16 Nov 2022 00:52
Last Modified: 16 Nov 2022 00:52
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32969

Actions (login required)

View Item View Item