PENGARUH LIMBAH BATUAN FORMASI KALIPALUNG DESA KIDANG KABUPATEN LOMBOK TENGAH SEBAGAI PENGGANTI SEBAGIAN AGREGAT HALUS TERHADAP SIFAT FISIK DAN MEKANIK PAVING BLOCK

Muhammad, Marwin (2022) PENGARUH LIMBAH BATUAN FORMASI KALIPALUNG DESA KIDANG KABUPATEN LOMBOK TENGAH SEBAGAI PENGGANTI SEBAGIAN AGREGAT HALUS TERHADAP SIFAT FISIK DAN MEKANIK PAVING BLOCK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Tugas Akhir-Muhammad Marwin (F1A 017 098).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Desa Kidang Kecamatan Praya Timur Kabupaten Lombok Tengah memiliki potensi tambang kalipalung yang sangat melimpah. Wilayah tersebut memiliki area pertambangan batu formasi kalipalung seluas 47 Ha. Saat ini banyak batu formasi kalipalung digunakan hanya untuk kerajinan dan hiasan. Namun sisa (limbah) dalam ukuran yang relative kecil tidak dimanfaatkan sebagai material kerajinan maupun bahan konstruksi lainnya. Upaya yang dilakukan pada penelitian ini adalah menanggulangi limbah batuan formasi Kalipalung supaya limbah tersebut dimanfaatkan sebagai bahan konstruksi atau pengganti agregat halus pada paving block. Pada penelitian ini menggunakan limbah batuan formasi Kalipalung yeng telah dihaluskan dengan menggunakan metode eksperimen di Laboratorium. Penelitian ini dimulai dengan uji pendahuluan untuk mengetahui mutu agregat halus (pasir), batuan formasi Kalipalung, semen, dan air. Benda uji yang digunakan berbentuk persegi panjang dengan dimensi 200 mm × 100 mm × 80 mm dan perbandingan berat semen terhadap pasir 1 : 4 dengan umur rencana 28 hari. Pembuatan benda uji dengan menggunakan mesin press hidrolik dengan variasi proporsi limbah batuan formasi Kalipalung sebesar 0% - 25% dengan interval 5% sebagai pengganti sebagian agregat halus (pasir). Pengujian yang dilakukan berupa sifat fisik dan mekanik pada paving block. Sifat fisik Paving block dengan proporsi batuan formasi Kalipalung 0 – 25% dengan interval 5% memiliki bidang yang rata, tidak retak, halus dan tidak berongga. Ketebalan rata-rata paving block 7,613 cm sampai dengan 7,843 cm. Daya serap air maksimal sebesar 10,002% dan nilai minimum sebesar 4,195% mengalami kenaikan. Untuk sifat mekanik kuat tekan maksimal sebesar 23,083 MPa di 0 % nilai minimum didapatkan sebesar 11,417 MPa pada 25%. Dari hasil pengujian yang dilakukan tidak ditemukan nilai optimum paving block sesuai dengan tujuan penelitian. Dikarenakan nilai kuat tekan mengalami penurunan disemua proporsi. Hasil pengujian ketahanan terhadap natrium sulfat (Na2SO4) pada paving block tidak mengalami penurunan berat sebesar 1%, akan tetapi mengalami penambahan berat di semua proporsi batuan formasi Kalipalung sebesar 1% sampai 8%. Setelah perendaman pada larutan natrium sulfat, tidak tampak terjadinya cacat dan retak gugusan. maka benda uji tersebut dapat dikatakan cacat. Berdasarkan SNI 03-0691-1996 menunjukan bahwa hasil uji paving block yang dilakukan pada penlitian ini memiliki mutu yang menurun. Paving block jenis ini bisa digunakan sebagai perkerasan area parkir dan pedestrian.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Batuan Formasi Kalipalung, Paving Block, Sifat Fisik Dan Mekanik
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 16 Nov 2022 00:53
Last Modified: 16 Nov 2022 00:53
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32974

Actions (login required)

View Item View Item