KAJIAN KERENTANAN PETANI GARAM DALAM PERUBAHAN IKLIM DAN KEBIJAKAN IMPOR GARAM DI DESA PIJOT

Helmi Yunita, Asmiana (2022) KAJIAN KERENTANAN PETANI GARAM DALAM PERUBAHAN IKLIM DAN KEBIJAKAN IMPOR GARAM DI DESA PIJOT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
KAJIAN KERENTANAN PETANI GARAM DALAM PERUBAHAN IKLIM DAN KEBIJAKAN IMPOR GARAM DI DESA PIJOT_Helmi Yunita Asmiana_L1C018034.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Salah satu mata pencaharaian masyarakat pesisir yaitu sebagai petani garam, dimana dalam pengolahan produksi garam masyarakat menghadapi berbagai tantangan, diantaranya perubahan iklim dan kebijakan impor garam. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bentuk kerentanan petani garam terhadap perubahan iklim dan kebijakan impor garam, dan strategi petani dalam menghadapi perubahan iklim dan kebijakan impor.Penelitian ini dilakukan di Desa Pijot, Kecamatan Keruak Kabupaten Lombok Timur. Peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.Peneliti menggunakan teknis analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diketahui bahwa bentuk kerentanan petani garam terhadap perubahan iklim yaitu kerentanan ekonomi seperti diversifikasi pekerjaan, keretanan lingkungan seperti perubahan cuaca/iklim yang tidak menentu, cuaca yang semakin memanas, perubahan pola pembuatan garam, dan kerentanan fisik social yaitu kerentanan fisik para pembuat garam. Sementara bentuk kerentanan petani garam terhadap kebijakan impor garam yaitu lebih kepada kerentanan ekonomi seperti harga penjualan dan pemasaran.Dan strategi petani dalam menghadapi perubahan iklim dan kebijakan impor garam yaitu dengan meyediakan atau menyetok bahan bakar, memanfaatkan lahan/tambak selama musim penghujan untuk budidaya ikan, mengendalikan pengeluaran rumah tangga, dan membentuk kelompok petani garam.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Petani Garam, Perubahan Iklim, kebijakan impor garam
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Program Studi Sosiologi
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 16 Nov 2022 00:54
Last Modified: 16 Nov 2022 00:54
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/32998

Actions (login required)

View Item View Item