P E N G A R U H P E M B E R I A N S C A F F O L D I N G D A L A M PENYELESAIAN MASALAH MATERI JARAK DALAM RUANG TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII SMAN 1 PRINGGABAYA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

RIZA, ALIPVIA (2022) P E N G A R U H P E M B E R I A N S C A F F O L D I N G D A L A M PENYELESAIAN MASALAH MATERI JARAK DALAM RUANG TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII SMAN 1 PRINGGABAYA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Riza Alipvia_E1R018072.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh pemberian scaffolding dalam penyelesaian masalah materi jarak dalam ruang terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas XII SMAN 1 Pringgabaya tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif metode eksperimen dengan desain true experimental. Sampel terdiri dari dua kelas yaitu XII IPA 1 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan berupa scaffolding dan kelas XII IPA 2 sebagai kelas kontrol yang diberikan latihan soal dan diskusi. Instrumen penelitian terdiri dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), angket motivasi belajar dan soal tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji validitas, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Adapun hasil penelitian menunjukan bahwa, (1) Terdapat perbedaan rata-rata motivasi dan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. (2) Rata-rata motivasi dan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih besar, yaitu 45,94 berada pada kategori sedang dan 80,71 yang berada pada kategori cukup. Adapun rata-rata yang diperoleh kelas kontrol yaitu 43,11 berada pada kategori sedang dan 73,60 pada kategori cukup. Besar pengaruh yang timbul akibat adanya pemberian scaffolding terhadap motivasi belajar siswa adalah sedang (medium) dengan nilai keberartian 0,57 atau sebesar 33%. Sedangkan besar pengaruh yang timbul akibat adanya pemberian scaffolding terhadap hasil belajar siswa adalah sedang (medium) dengan nilai keberartian 0,73 atau sebesar 43%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Scaffolding, Jarak dalam Ruang, Motivasi dan Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 16 Nov 2022 00:54
Last Modified: 16 Nov 2022 00:54
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33008

Actions (login required)

View Item View Item