IMPLEMENTASI STANDAR OPERASIONAL PROSEDURAL PENYIDIKAN PADA KASUS PEMERKOSAAN SEORANG DISABILITAS ( STUDI DI POLRES BIMA KOTA)

ALAM, FIRDAUS (2022) IMPLEMENTASI STANDAR OPERASIONAL PROSEDURAL PENYIDIKAN PADA KASUS PEMERKOSAAN SEORANG DISABILITAS ( STUDI DI POLRES BIMA KOTA). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ALAM FIRDAUS SELESAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (944kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menganalisis implementasi standar operasional prosedural penyidikan pada kasus pemerkosaan seorang disabilitas di Polres Bima Kota. Metode penelitian dalam penyusunan ini penelitian hukum empiris. Hasil penelitian didapatkan bahwa implementasi Standar Operasional Prosedural Penyidikan pada kasus pemerkosaan seorang disabilitas di Polres Bima Kota sudah diimplementasikan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang mengatur tentang hak-hak penyandang disabilitas seperti yang tertuang dalam Pasal 178 ayat (1) KUHAP, Pasal 30 dan Pasal 31 UU No.8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas, Pasal 5 ayat (1) Undang-Undang Nomor 31 Tahun 2014 tentang Perlindungan Saksi dan Korban, serta Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2020 tentang Akomodasi Yang Layak Untuk Penyandang Disabilitas Dalam Proses Peradilan. Pada aturan tersebut mengatur bahwasanya apabila seorang disabilitas berhadapan dengan hukum yang dalam hal ini sebagai korban maka berhak memperoleh pendamping atau penterjemah. Pada proses penyidikan atas kasus tindak pidana pemerkosaan seorang disabilitas yang berinisial Korban NU yang ditangani oleh Unit PPA Polres Bima Kota, Korban Nu selama proses penyidikan didampingi oleh Dinas Perlindungan Perempuan dan Anak (DP3A) Kab. Bima dan LPA Kab. Bima. Hambatan-hambatan yang dialami oleh penyidik dibagi menjadi dua hambatan yakni hambatan internal yakni kurangnya penyidik yang sudah memiliki sertifikat kejuruan dan kurangnya sarana dan prasarana. Untuk hambatan ekstenal yang meliputi komunikasi antara korban dengan penyidik yang sulit untuk dilakukan dan kurangnya alat bukti

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): mplementasi, Standar Operasional Prosedural, Penyidikan, Disabilitas
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 16 Nov 2022 00:54
Last Modified: 16 Nov 2022 00:54
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33014

Actions (login required)

View Item View Item