ANALISA FAKTOR IDIOSINKRATIK DONALD TRUMP DALAM KEBIJAKAN KELUARNYA AMERIKA SERIKAT DARI KEANGGOTAAN WORLD HEALTH ORGANIZATION (WHO) TAHUN 2020

Arshi Jaya Linggar, Jati (2022) ANALISA FAKTOR IDIOSINKRATIK DONALD TRUMP DALAM KEBIJAKAN KELUARNYA AMERIKA SERIKAT DARI KEANGGOTAAN WORLD HEALTH ORGANIZATION (WHO) TAHUN 2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI Arshi Jaya Linggar Jati (L1A018018).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (591kB)

Abstract

Masa pemerintahan Donald Trump, kebijakan luar negeri Amerika Serikat cenderung menunjukkan menarik diri dari interaksi dan partisipasi dalam sistem internasional. Tahun 2020 Pandemi Covid-19 melanda hampir seluruh negara di dunia. World Health Organization (WHO) memiliki tanggung jawab untuk menanggulangi penularan Covid-19. Keputusan pemerintahan Donald Trump Donald Trump untuk keluar dari WHO pada era pandemi covid-19 cukup mengejutkan berbagai pihak. Pasalnya Amerika Serikat masih membutuhkan WHO yang bertindak sebagai koordinator kesehatan dunia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran faktor idiosinkratik Donald Trump dalam proses pembuatan kebijakan luar negeri Amerika Serikat untuk keluar dari WHO. Penelitian ini tergolong dalam penelitian kualitatif yang bersifat eksplanatif dengan menggunakan data sekunder melalui studi kepustakaan. Hasil dari penelitian ini menunjukan adanya pengaruh dari idiosinkratik donald trump yang merupakan seorang pemimpin dengan perilaku aggresive karena memenuhi kriteria karakterisk berupa : High nationalism, high believe in own control over events, dan high distrust to others. Ditambah dengan faktor ego dan ambisi, faktor pengalaman pribadi dan politik yang membuat Donald Trump selalu berkaca pada masa lalu yang mempengaruhi kebijakan keluarnya Amerika Serikat dari WHO.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Donald Trump, WHO, kebijakan luar negeri, Idiosinkratik, Amerika Serikat
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Program Studi Hubungan Internasional
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 16 Nov 2022 00:54
Last Modified: 16 Nov 2022 00:54
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33017

Actions (login required)

View Item View Item