PENGARUH PENAMBAHAN EKSTRAK KULIT BUAH NAGA (Hylocereus polyrhizus) PADA PAKAN KOMERSILTERHADAP KECERAHAN WARNA IKAN CUPANG (Betta sp.)

Abdul Halim, Rasyid (2022) PENGARUH PENAMBAHAN EKSTRAK KULIT BUAH NAGA (Hylocereus polyrhizus) PADA PAKAN KOMERSILTERHADAP KECERAHAN WARNA IKAN CUPANG (Betta sp.). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Abdul Halim Rasyid-C1K017001-Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan ekstrak kulit buah naga terhadap kecerahan warna pada ikan cupang (Betta sp.) serta mengetahui penentuan dosis yang tepat terhadap peningkatan kecerahan warna ikan cupang. Penelitian ini dilaksanakan selama 50 hari dimulai dari bulan Maret sampai April 2022 di Laboratorium Progrma Studi Budidaya Perairan Fakultas Pertanian Universitas Mataram. Penelitian ini bersifat eksperimen dengan rancangan acak lengkap (RAL) dengan lima perlakuan dan tiga pengulangan yaitu P0 (tanpa penambahan konsentrasi ekstrak kulit buah naga), P1 (penambahan konsentrasi ekstrak kulit buah naga 1%), P2 (penambahan konsentrasi ekstrak kulit buah naga 1,5%), P3 (penambahan konsentrasi ekstrak kulit buah naga 2%) dan P4 (penambahan konsentrasi ekstrak kulit buah naga 2,5%). Parameter yang diukur adalah tingkat kecerahan warna ikan cupang (Lightness), pertumbuhan, kelansungan hidup dan kualitas air. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian konsetrasi ekstrak kulit buah naga yang berbeda memberikan tingkan kecerahan warna yang berbeda pada ikan cupang, tingkat kecerahan warna ikan cupang tertinggi yaitu pada perlakukan P3 dengan penambahan konsentrasi ekstrak kulit buah naga 2% dengan nilai Lightness (L*) 41.93. Hal ini didukung oleh adanya kandungan karotenoid pada ekstrak kulit buah naga sebesar 12.12 μmol/L yang dimana karotenoid merupakan komponen pembentuk zat warna yang dapat meningkatkan kecerahan warna pada ikan

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): ikan cupang (Betta Sp.), ekstrak kulit buah naga, karotenoid, kecerahan
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 16 Nov 2022 00:54
Last Modified: 16 Nov 2022 00:54
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33021

Actions (login required)

View Item View Item