PENGARUH PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn KELAS VIII MTs NEGERI 3 MATARAM

NUR GITA, SUCIYATI (2022) PENGARUH PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn KELAS VIII MTs NEGERI 3 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_Nur Gita Suciyati_E1B018065_FKIP (PPKn).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Apakah terdapat pengaruh program gerakan literasi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran PPKn kelas VIII MTsN 3 Mataram. Penelitian ini menerapkan perancangan kuantitatif yang jenisnya quasi eksperimen dengan desain Nonequiralent Control Group Design. Populasinya adalah seluruh siswa dikelas VIII MTsN 3 Mataram, totalnya 6 kelas dan sampel yang diambil 2 kelas. Datanya diolah dengan teknik observasi dan tes. teknik tes diterapkan adalah pre-test dan post-test. Analisis data merepkan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas, dan uji hipotesis menerapkan uji-t. Pelaksanaan gerakan literasi sekolah yang diterapkan sebanyak empat (4) kali pertemuan dan disesuaikan dengan komponen dasar gerakan literasi sekolah. Terdapat adanya pengaruh program gerakan literasi sekolah terhadap kemampuan berfikir kritis siswa pada mata pelajaran PPKn. Dibuktikan dengan hasil uji-t pada taraf signifikan 5% dimana hasilnya Terdapat > (3,3866 > 2,021).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Gerakan Literasi, Berpikir Kritis, PPKn
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 16 Nov 2022 00:54
Last Modified: 16 Nov 2022 00:54
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33025

Actions (login required)

View Item View Item