ANALISIS KESESUAIAN LAHAN TANAMAN PORANG (Amorphopallus oncophillus) PADA LAHAN KERING DESA SEKAROH KECAMATAN JEROWARU LOMBOK TIMUR

Ega, Rahmawati (2022) ANALISIS KESESUAIAN LAHAN TANAMAN PORANG (Amorphopallus oncophillus) PADA LAHAN KERING DESA SEKAROH KECAMATAN JEROWARU LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_Ega Rahmawati_2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan melalui tahapan survei dan observasi lapangan untuk pentuan lokasi; pengumpulan data primer dan sekunder; tahapan analisis data dan pemetaan; serta interpretasi kelas kesesuaian lahan. Hasil serta kesimpulan dalam penelitian ini adalah kesesuaian lahan di wilayah lahan kering Desa Sekaroh Kecamatan Jerowaru Kabupaten Lombok Timur untuk tanaman porang dikategorikan sebagai Sangat Sesuai (S1) Cukup Sesuai (S2) dan Sesuai Marjinal/kurang Sesuai (S3). Kategori S1 ditemukan di seluruh penggunaan lahan (J, SE, SO dan LK) untuk persyaratan karakteristik lahan ketersediaan air kecuali kelembaban udara, ketersediaan oksgen, media perakaran khususnya kedalaman tanah, dan retensi hara. Sementara itu kategori S2 hanya terlihat untuk persyaratan karakteristik lahan temperatur dengan temperatur rata-rata 270C atau di atas temperatur maksimum yang dianjurkan (230C – 250C). Kategori S2 juga terlihat di karakteristik lahan kelembaban udara yang di atas 80% yaitu 84%. Dengan demikian maka lahan kering di Desa Sekaroh dapat dinyatakan sesuai untuk budidaya tanaman porang.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 16 Nov 2022 00:55
Last Modified: 16 Nov 2022 00:55
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33030

Actions (login required)

View Item View Item