PENGARUH FAKTOR LINGKUNGAN AGRESIF TERHADAP SIFAT MEKANIK KOMPOSIT POLIESTER YANG DIPERKUAT DENGAN SERAT IJUK DARI POHON AREN (ARENGA PINNATA)

LALU MUHAMMAD GIFARI, NASHARULLAH (2022) PENGARUH FAKTOR LINGKUNGAN AGRESIF TERHADAP SIFAT MEKANIK KOMPOSIT POLIESTER YANG DIPERKUAT DENGAN SERAT IJUK DARI POHON AREN (ARENGA PINNATA). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
NASKAH TUGAS AKHIR LALU MUHAMMAD GIFARI NASHARULLAH (F1A018054).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Perkembangan teknologi pada saat ini tidak dapat dibendung sehingga hal tersebut juga mempengaruhi kebutuhan akan produk yang lebih kompetitif dari segi pengaplikasian dan desainnya. Kebutuhan produk yang lebih kompetitif ini menciptakan kebutuhan akan material yang lebih kompleks pula sehingga tahan lama dan produk yang dihasilkan lebih kuat namun tetap ringan dan ekonomis. Saat ini industri teknik dengan material logam seperti baja, besi dan sejenisnya membutuhkan inovasi untuk digantikan menggunakan material plastik, sehingga kini berkembang material baru yang lebih menguntungkan penggunanya yaitu material komposit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor lingkungan agresif terhadap sifat mekanik komposit poliester. Benda uji yang digunakan adalah komposit poliester berpenguat serat ijuk dengan orientasi sudut anyaman 90⁰ dan fraksi volume serat 20% yang dibuat dengan metode hand-lay up kemudian diberi perlakuan terhadap lingkungan agresif berupa perendaman komposit dalam air laut, penanaman komposit dalam tanah, penyimpanan komposit pada ruang tertutup dan penyimpanan komposit pada halaman terbuka. Selanjutnya tiap komposit dipotong menjadi spesimen sesuai standar ASTM D-3039 untuk uji tarik dan ASTM D-790 untuk uji lentur komposit. Hasil penelitian pengujian sifat fisik didapatkan penyerapan air tertinggi ialah pada pada komposit yang diberi perlakuan ditanam di dalam tanah dengan persentase penyerapan air sebesar 2.26 % sehingga pada pengujian sifat mekanik, nilai kuat tarik dan kuat lentur terendah terdapat pada komposit yang diberi perlakuan ditanam di dalam tanah dengan nilai kuat tarik sebesar 4.938 MPa dan nilai kuat lentur sebesar 28.354 MPa,. Sedangkan nilai kuat tarik dan kuat lentur tertinggi terdapat pada komposit yang disimpan pada ruang tertutup dengan nilai kuat tarik sebesar 12.452 MPa dan kuat lentur sebesar 75.805 MPa. Sehingga pada kuat tarik, komposit yang diberi perlakuan ditanam di dalam tanah mengalami penurunan sebesar 11.72% dari komposit yang disimpan pada ruang tertutup. Untuk kuat lentur, komposit yang diberi perlakuan ditanam di dalam tanah mengalami penurunan sebesar 47.45% dari komposit yang disimpan pada ruang tertutup. Besarnya nilai kuat tarik dan kuat lentur pada suatu komposit dipengaruhi oleh banyaknya void yang terdapat pada komposit tersebut sehingga melemahkan ikatan yang terjadi antara serat dan matriks

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Komposit, Serat ijuk, Lingkungan Agresif, Sifat Fisik, Sifat Mekanik
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 16 Nov 2022 00:53
Last Modified: 16 Nov 2022 00:53
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33034

Actions (login required)

View Item View Item