EVALUASI KINERJA BIAYA DAN WAKTU MENGGUNAKAN EARNED VALUE METHOD (Studi Pada Proyek Pembangunan Jaringan Perpipaan SPAM Sigar Penjalin Kawasan Gili Air)

SELLY, OKTAVIANTI (2022) EVALUASI KINERJA BIAYA DAN WAKTU MENGGUNAKAN EARNED VALUE METHOD (Studi Pada Proyek Pembangunan Jaringan Perpipaan SPAM Sigar Penjalin Kawasan Gili Air). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Tugas Akhir_Selly Oktavianti _F1A018094-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Proyek Pembangunan Jaringan Perpipaan SPAM Sigar Penjalin Kawasan Gili Air direncanakan selama 51 minggu dengan nilai kontrak sebesar Rp32.835.330.000,00.-. Proyek diketahui sempat mengalami keterlambatan yang diakibatkan oleh proses perizinan untuk pemasangan pipa di bawah laut membutuhkan waktu yang lama, jumlah penyelam yang terbatas, dan faktor cuaca. Dengan adanya batasan waktu dan biaya, diperlukan pengendalian yang baik dan matang. Akan tetapi, sebelum dilakukan pengendalian perlu diketahui terlebih dahulu kinerja proyek yang sudah berlangsung. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kinerja proyek dilihat dari segi biaya dan waktu, serta membandingkan biaya perencanaan dan pelaksanaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif, yaitu menggambarkan kondisi proyek dengan analisis data-data yang ada. Secara teknis, analisis data menggunakan Metode Earned Value. Metode Earned Value menyajikan tiga dimensi, yaitu rencana penyerapan biaya (BCWS), penyelesaian fisik dari proyek (BCWP), dan biaya aktual yang dikeluarkan (ACWP). Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa penyelesaian proyek tidak sesuai dengan yang direncanakan. Kinerja waktu menunjukkan nilai SPI < 1 pada minggu ke-1 s.d. minggu ke-26 dan minggu ke-32 s.d. minggu ke-35 yang berarti proyek mengalami keterlambatan. Kinerja biaya pada minggu ke-1 s.d. minggu ke-20 dan minggu ke-33 s.d. ke-35 nilai CPI < 1 yang berarti proyek mengalami kerugian. Namun, pada akhir proyek, proyek mengalami percepatan selama 2 minggu dan penghematan biaya sebesar Rp1.563.143.139,97

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): earned value method, kinerja biaya, kinerja waktu, pengendalian proyek
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 16 Nov 2022 00:53
Last Modified: 16 Nov 2022 00:53
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33035

Actions (login required)

View Item View Item