IMPLEMENTASI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DALAM MEMBENTUK KARAKTER MANDIRI DAN PEDULI SOSIAL SISWA

NISA’, QOIMATUN (2017) IMPLEMENTASI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DALAM MEMBENTUK KARAKTER MANDIRI DAN PEDULI SOSIAL SISWA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI - QOIMATUN NISA'.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implemetasi kegiatan ekstrakurikuler pramuka dalam membentuk karakter mandiri dan peduli sosial siswa yang terfokus pada program kegiatan, implementasi kegiatan, hambatan kegiatan, dan upaya dalam mengatasi hambatan yang ada di SMP Negeri Kecamatan Pringgarata Kabupaten Lombok Tengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu tehnik observasi, dokumentasi, dan wawancara. Kemudian data yang sudah terkumpul dianalisis dengan cara studi deskriptif kualitatif, untuk medapatkan data mendalam melalui langkah reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri Se-Kecamatan Pringgarata dilakukan dengan melaksanakan kegiatan yang terprogram seperti: (a) program tahunan; (b) program semester; (c) program latihan mingguan. Implementasi kegiatan ekstrakurikuler pramuka di SMP Negeri se-Kecamatan Pringgarata dalam membentuk karakter mandiri dan peduli sosial siswa dilaksanakan dengan baik dimasing-msaing sekolah se-kecamatan Pringgarata hal ini dilakukan dengan melaksanakan proses kegiatan berikut : (a) upacara pembuka dan penutup; (b) pengisian syarat kecakapan umum (SKU) dan syarat kecakapan khusus (SKK); (c) pelaksanaan latiha ketangkasan baris berbaris (LKBB) & LKBB-T; (d) tali-temali; (e) pionering jenis tandu; (f) semaphore; (g) kemah pangakalan; (h) lomba-lomba, (i) PPGD; (j) sandi dan morse; (k) tanda jejak. Hambatan kegiatan ekstrakurikuer Pramuka dalam membentuk karakter mandiri dan peduli sosial siswa di SMP Negeri se-Kecamatan Pringgarata yakni; (a) pendanaan; (b) izin orang tua/wali; (c) keberadaan pembina; (d) faktor cuaca atau iklim; (e) rendahnya tingkat kehadiran anggota; (f) keterbatasan waktu. Upaya mengatasi hambatan dalam melaksankan kegiatan pramuka yakni: (a) adanya tabungan rutin dan iuran bersama gugus depan; (b) melakukan pendekatan kepada orang tua/wali; (c) musyawarah gugus depan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Ekstrakurikuler, Pramuka, Karakter Mandiri dan Peduli Sosial.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 28 Apr 2018 02:43
Last Modified: 28 Apr 2018 02:43
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3305

Actions (login required)

View Item View Item