PELAKSANAAN HAK PENDIDIKAN NARAPIDANA ANAK DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK KELAS II MATARAM DESA SELEBUNG KECAMATAN BATUKLIANG LOMBOK TENGAH

HIJRIYANTI, FATIA (2017) PELAKSANAAN HAK PENDIDIKAN NARAPIDANA ANAK DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK KELAS II MATARAM DESA SELEBUNG KECAMATAN BATUKLIANG LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan hak pendidikan narapidana anak di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Mataram. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan hak pendidikan narapidana anak di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Mataram. Dalam pengumpulan data peneliti mengunakan tekhnik wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam menganalisis data digunakan metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan pelaksanaan pendidikan bagi narapidna anak sudah cukup baik, Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Mataram memberikan 2 jenis pendidikan yaitu pendidikan formal meliputi tingkat pendidikan sekolah dasar, sekolah menengah pertama dan sekolah menengah akhir yang dititipkan disekolah terdekat dan pendidikan nonformal meliputi pendidikan keterampilan, pendidikan jasmani dan pendidikan rohani. Dalam pelaksanaan hak pendidikan narapidana anak, lembaga khusus anak kelas II mataram menghadapi hambatan yaitu hambatan dari dalam yang berupa (1) minimnya alokasi anggaran untuk penyelenggaraan pendidikan di lembaga pembinaan kelas II mataram, (2) pembina/tutor yang tidak sesuai dengan disiplin ilmu, (3) kurangnya sarana dan fasilitas yang ada di LPKA kelas II Mataram dan (4) tidak ada tenaga psikolog untuk mengatasi krisis kepercayaan diri narapidana anak. Sedangkan hambatan dari luar berupa kurangnya kesadaran keluarga narapidana anak terhadap pentingnya pendidikan bagi anak mereka. Untuk menghadapi hambatan tersebut lembaga pembinaan khusus anak mataram melakukan upaya sebagai berikut (1) bekerjasama dengan sekolah formal, (2) bekerjasama dengan lembaga/yayasan peduli anak, (3) bekerjasama dengan kementerian sosial, (4) swadaya dengan petugas LPKA Kelas II Mataram, (5)menyampaikan kepemimpin pusat untuk meningkatkan anggaran pendidikam bagi narapidana anak di LPKA Kelas II Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): pendidikan, lembaga pembinaan khusus anak, narapidana anak
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 28 Apr 2018 02:43
Last Modified: 28 Apr 2018 02:43
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3307

Actions (login required)

View Item View Item