PEREMPUAN DAN REALITASNYA DALAM KANCAH KEBUDAYAAN TENUN TRADISIONAL DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Penenun Lokal di Desa Kembang Kerang Daya)

Ratna, wati (2022) PEREMPUAN DAN REALITASNYA DALAM KANCAH KEBUDAYAAN TENUN TRADISIONAL DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Penenun Lokal di Desa Kembang Kerang Daya). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Perempuan Dan Realitasnya Dalam Kancah Kebudayaan Tenun Tradisional Di Masa Pandemi Covid-19 (Stu.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran serta realitas perempuan pengrajin tenun dalam menghadapi pandemi covid-19 dan dampak pandemi covid-19 terhadap industri tenun tradisional di desa Kembang Kerang Daya. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Informan penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah informan sebanyak 11 (sebelas) orang. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan teori konstruksi realitas sosial dari Peter L Berger dan Thomas Luckman serta teori jejaring Masyarakat dari Manuel Castells. Hasil penelitian menunjukan bahwa mayoritas perempuan di desa kembang kerang daya berprofesi sebagai pengrajin tenun tradisional, pandemi covid-19 memberikan dampak besar bagi pelaku usaha tenun di desa kembang kerang daya. Diantaranya (1) tidak dapat berjualan secara offline (2) penurunan penjualan produk (3) penurunan pendapatan (4) mencari pekerjaan lain. Kondisi pandemi covid-19 membuat perempuan pengrajin tenun mengalami situasi yang tumpang tindih karena selain berperan di sektor domestik perempuan pengrajin tenun juga di tuntut untuk terus bereksistensi di sektor publik yaitu sebagai pelaku usaha tenun dan pekerjaan di sektor publik lainnya dalam upaya mengembangkan sekaligus mempertahankan kebudayaan tenun tradisional agar terus eksis di masa pandemi covid-19 dengan membuat inovasi baru dengan mengikuti trand fashion dalam memodifikasi kain tenun dan menggunakan media sosial sebagai sarana untuk mempromosikan tenun tradisional

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Realitas, Perempuan Pengrajin Tenun, Pandemi Covid-19
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Program Studi Sosiologi
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 16 Nov 2022 00:48
Last Modified: 16 Nov 2022 00:48
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33094

Actions (login required)

View Item View Item