KERAGAMAN KELOMPOK TELUR HAMA PERUSAK DAUN PADA TANAMAN KUBIS (Brassica oleracea L.) YANG DIPERLAKUKAN DENGAN JARING PROTEKSI

Linda, Asnawati (2022) KERAGAMAN KELOMPOK TELUR HAMA PERUSAK DAUN PADA TANAMAN KUBIS (Brassica oleracea L.) YANG DIPERLAKUKAN DENGAN JARING PROTEKSI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI LINDA ASNAWATI JILID.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
JIMA-Linda Asnawati.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kubis (Brassica oleracea L.) adalah komoditas sayuran bernilai ekonomi tinggi. Petani di Desa Jagaraga Indah, Kecamatan Kediri, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi NTB telah lama membudidayakan kubis dengan pola sederhana atau tanpa jaring proteksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jaring proteksi terhadap populasi, dan indeks keragaman telur hama perusak daun pada tanaman kubis (Brassica oleracea L.). Metode yang digunakan adalah eksperimental dengan Rancangan Quasi Eksperimental Design (RQED), dan analisis data menggunakan Uji T-Test. Hasil penelitian ditemukan empat kelompok telur serangga hama. Dari kelompok telur tersebut diperoleh hasil rearing dan telah diidentifikasi bahwa famili yang ditemukan pada perlakuan jaring proteksi diantaranya famili Pyralidae, dan Plutellidae. Perlakuan tanpa jaring proteksi ditemukan empat famili diantaranya famili Pyralidae, Plutellidae, Noctuidae, dan Arctiidae. Perlakuan jaring proteksi pada rata-rata populasi kelompok telur hama berpengaruh siginifikan terhadap populasi. Nilai indeks keragaman pada perlakuan jaring proteksi ditemukan dua famili semuanya terkategori rendah. Pada perlakuan tanpa jaring proteksi ditemukan empat famili sama terkategori rendah. Indeks dominansi kelompok telur hama di perlakuan jaring proteksi menunjukan satu famili kategori rendah dan satunya terkategori tinggi sedangkan tanpa jaring proteksi menunjukkan tiga famili kategori tinggi dan satu famili kategori rendah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): kubis, jaring proteksi, keragaman, hama
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 16 Nov 2022 00:47
Last Modified: 16 Nov 2022 00:47
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33096

Actions (login required)

View Item View Item