PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS PERMAINAN TIPE KARTU SORTIR (CARD SORT) TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN SISWA DI MAN 1 MATARAM

Fitriyani, Nurul (2017) PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS PERMAINAN TIPE KARTU SORTIR (CARD SORT) TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN SISWA DI MAN 1 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan metode pembelajaran berbasis permainan tipe kartu sortir (card sort) terhadap hasil belajar PPKn siswa di MAN 1 Mataram pada tahun ajaran 2016/2017. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 37 orang sebagai kelas eksperimen dan 37 orang sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda 21 soal yang memenuhi validitas dan reliabilitas.berdasarkan hasil uji hipotesis dengan uji-t dipeoleh thitung = 3,3118, sedangkan ttabel = 1,6662 dengan dk = 72 pada taraf signifikan 5% Sehingga nilai thitung = 3,3118 > ttabel = 1,6662 maka dapat diakatakan hipotesis penelitian diterima yang berarti ada pengaruh penggunaan metode pembelajaran berbasis permainan tipe kartu sortir (card sort) terhadap hasil belajar PPKn siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode Pembelajaran Berbasis Permainan Tipe Kartu Sortir (Card Sort), Hasil Belajar PPKn Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 28 Apr 2018 02:43
Last Modified: 28 Apr 2018 02:43
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/3310

Actions (login required)

View Item View Item