PENERAPAN ALGORITMA GENETIKA UNTUK PERILAKU NPC (NON PLAYER CHARACTER) PADA GAME PEMADAM KEBAKARAN

Muhammad, Fikriansyah (2022) PENERAPAN ALGORITMA GENETIKA UNTUK PERILAKU NPC (NON PLAYER CHARACTER) PADA GAME PEMADAM KEBAKARAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Laporan TA_Muhammad Fikriansyah_F1B017064.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Game pemadam kebakaran adalah game yang bertipe satu pemain, yaitu untuk setiap game atau perangkatnya hanya dapat dimainkan oleh satu pemain saja. Game ini bergenre permainan peran. Pemain yang berperan sebagai pemadam kebakaran akan memiliki dua misi, yaitu menyelamatkan lingkungan yang terbakar dengan cara menyemprotkan api dengan air dan melawan bahkan mengalahkan musuh dengan cara yang sama. Musuhnya berperan sebagai monster api adalah Non Player Character (NPC) yang berarti karakter ini tidak dikandilkan oleh pemain, melainkan bergerak atas kehendaknya sendiri menggunakan kecerdasan buatan. Dalam hal ini, tipe kecerdasan buatan yang digunakan adalah Algoritma Genetika, yang berfungsi untuk memaksimalkan gen di dalam kekuatan kromosom pada NPC termasuk kekuatan menyerang, kecepatan berpindah, dan kesehatan dari monster api yang dipengaruhi oleh aksi dari pemain, yaitu pemadam kebakaran. Penelitian ini menerapkan Algoritma Genetika dalam game pemadam kebakaran untuk mendesain perlakuan dari NPC yang dirancang menggunakan metode Finite State Machine (FSM) dan diuji secara fungsional menggunakan metode Black Box Testing. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pengujian algoritma genetika untuk 5 generasi maksimal mendapatkan nilai fitness 134,87 dengan hasil 2 gen yang mendapatkan nilai minimal, sedangkan untuk 10 generasi maksimal mendapatkan hasil fitness 128,64 dengan hasil hanya 1 gen yang mendapatkan nilai minimal. Jika dibandingkan dengan generasi awalnya maka akan didapatkan bahwa individu hasil GA cenderung akan mendapatkan karakteristik lebih baik dari individu pada generasi awal. Untuk hasil pengujian Black Box Testing didapatkan bahwa game berjalan dengan lancar tanpa adanya kesalahan pada setiap scene-nya dan karakter dalam game dapat berjalan dengan semestinya sesuai dengan perancangan yang telah dibuat yang menggunakan metode FSM.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Algoritma Genetika, NPC (Non-Player Character), Game Pemadam Kebakaran
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 16 Nov 2022 00:47
Last Modified: 16 Nov 2022 00:47
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33100

Actions (login required)

View Item View Item