EFEKTIVITAS PENGGUNAAN JENIS MADU YANG BERBEDA PADA MASKULINISASI IKAN GUPPY (Poecilia reticulata) MELALUI PERENDAMAN INDUK BUNTING

Nurmaya, Safitri (2022) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN JENIS MADU YANG BERBEDA PADA MASKULINISASI IKAN GUPPY (Poecilia reticulata) MELALUI PERENDAMAN INDUK BUNTING. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NURMAYA SAFITRI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ARTIKEL Nurmaya Safitri.pdf

Download (456kB) | Preview

Abstract

Sex reversal atau pembalikan kelamin merupakan suatu teknik yang diperuntukkan guna membelokkan arah perkembangan jenis kelamin baik dari seksual betina menjadi jantan (maskulinisasi) serta seksual jantan menjadi betina (feminisasi). Salah satu teknik sex reversal yang sering diterapkan adalah maskulinisasi. Pada umumnya, untuk memproduksi sel kelamin tunggal untuk jantan dilakukan dengan memanfaatkan hormon steroid dan juga bahan alami. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas jenis madu yang berbeda pada perendaman induk bunting ikan Guppy (Poecilia reticulata) terhadap persentase ikan jantan. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Reproduksi Ikan, Fakultas Pertanian, Universitas Mataram pada bulan April-Juni tahun 2022. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental model rancangan acak lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan, yaitu P0 (kontrol), P1 (madu hutan), P2 (madu ternak), dan P3 (madu bakau). Masing-masing perlakuan diulang sebanyak 3 kali. Analisis terhadap persentase kelamin Jurnal Akuakultur Rawa Indonesia, Vol (No): hal (tahun) ISSN : 2303-2960 Jurnal Akuakultur Rawa Indonesia Nama akhir penulis et al., (tahun) jantan dilakukan menggunakan analysis of variance (ANOVA) dan uji Duncan. Hasil perhitungnan menunjukkan bahwa persentase ikan jantan dalam madu hutan, madu ternak, dan madu bakau dihasilkan persentase ikan jantan berturut-turut yaitu 84%, 83%, dan 95%. Hasil perhitungan tingkat kelangsungan hidup sebesar 100% pada semua perlakuan, pertumbuhan berat mutlak menunjukkan nilai yang relative sama yaitu 0,38-0,39g, dan pertumbuhan berat spesifik menunjukkan nilai 2,86-2,87%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa perlakuan dengan penggunaan madu bakau merupakan perlakuan dengan nilai efektivitas yang paling tinggi terhadap pengarahan jenis kelamin ikan guppy (Poecilia reticulata) menjadi jantan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Ikan Guppy, Madu, Perendaman, Sex Reversal
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 16 Nov 2022 00:47
Last Modified: 16 Nov 2022 00:47
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33102

Actions (login required)

View Item View Item