KERJASAMA BILATERAL INDONESIA DAN DENMARK DALAM PEMBANGUNAN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA BAYU (STUDI KASUS: PEMBANGUNAN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA BAYU UNTUK KEBERLANJUTAN ENERGI DI SULAWESI SELATAN)

Sri, Samhati (2022) KERJASAMA BILATERAL INDONESIA DAN DENMARK DALAM PEMBANGUNAN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA BAYU (STUDI KASUS: PEMBANGUNAN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA BAYU UNTUK KEBERLANJUTAN ENERGI DI SULAWESI SELATAN). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi (Sri Samhati HI 18) L1A018122.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Permintaan energi dari tahun ke tahun mengalami peningkatan, sebagian besar energi yang di gunakan untuk memenuhi permintaan tersebut masih berasal dari bahan bakar fosil. Sedangkan penggunaan bahan bakar fosil berdampak pada meningkatnya emisi Gas Rumah Kaca (GRK). Oleh karena itu, Indonesia berusaha untuk memanfaatkan energi terbarukan dalam mengurangi penggunaan bahan bakar fosil. Salah satu cara dalam memanfaatkan energi bersih dengan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB), dimana PLTB menggunakan energi angin untuk dikonversi menjadi energi listrik. Dalam Pembangunan PLTB, Indonesia bekerjasama dengan Denmark karena memiliki pengetahuan dan teknologi pemanfaatan angin yang sangat efesien. Meskipun pembangunan PLTB menggunakan sistem Independent Power Producer (IPP), namun Denmark tetap berperan dalam pemanfataan energi angin di Indonesia. Adapun kerjasama yang dilakukan Indonesia dan Denmark dalam bidang energi di mulai pada tahun 2008 melalui program Enviromental Suport Programme Phase II (ESP2), Enviromental Suport Programme Phase III (ESP3), Strategic Sector Cooperation (SSC), dan Indonesia Denmark Energy Partnership Programme (INDODEPP). Pembangunan PLTB berdampak pada ketahanan energi di Indonesia, yang dimana adanya pemenuhan permintaan energi, pemenuhan akses energi, dan pengurangan penggunaan energi fosil

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): EBT, Indonesia, Denmark, PLTB
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Program Studi Hubungan Internasional
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 16 Nov 2022 00:47
Last Modified: 16 Nov 2022 00:47
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33103

Actions (login required)

View Item View Item