EFEKTIVITAS PEMBERIAN PUPUK ORGANIK CAIR LIMBAH TAHU TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN SAWI HIJAU (Brassica juncea Linnaeus) DI TANAH INCEPTISOL

Ghinayatul, Amjad (2022) EFEKTIVITAS PEMBERIAN PUPUK ORGANIK CAIR LIMBAH TAHU TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN SAWI HIJAU (Brassica juncea Linnaeus) DI TANAH INCEPTISOL. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Ghinayatul Amjad_C1B018014.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal_Ghinayatul Amjad_C1B018014.pdf

Download (416kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh pemberian pupuk organik cair (POC) limbah tahu pada berbagai konsentrasi terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman sawi hijau (Brassica juncea Linnaeus). Metode penelitian yang digunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 8 perlakuan, masing-masing perlakuan memiliki 3 ulangan sehingga diperoleh 24 unit percobaan. Penelitian dilakukan bulan Agustus-Oktober 2022 di green house Lingkungan Monjok Kebon Jaya Barat, Kecamatan Selaparang, Kota Mataram. Perlakuan yang digunakan T0 (tanpa pemberian POC), T1 (konsentrasi POC 5%), T2 (konsentrasi POC 10%), T3 (konsentrasi POC 20%), T4 (konsentrasi POC 30%), T5 (konsentrasi POC 40%), T6 (konsentrasi POC 50%), dan T7 (konsentrasi POC 60%). Parameter yang diuji dalam penelitian yaitu tinggi tanaman, jumlah daun, lebar daun, panjang akar, berat brangkasan basah, berat brangkasan kering, efisiensi serapan hara N, dan N-total tanah. Perlakuan tidak berpengaruh nyata terhadap tinggi tanaman, jumlah daun dan lebar daun. Namun, berpengaruh nyata terhadap panjang akar, berat brangkasan basah dan berat brangkasan kering.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Sawi Hijau; Konsentrasi; Pupuk Organik Cair Limbah Tahu; Pertumbuhan
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 16 Nov 2022 00:47
Last Modified: 16 Nov 2022 00:47
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33112

Actions (login required)

View Item View Item