EFEKTIVITAS PENGGUNAAN CELEBRITY DIPLOMACY BTS (BANGTAN SONYEONDAN) SEBAGAI GOODWILL AMBASSADOR UNICEF DALAM MELAKUKAN KAMPANYE ANTI-KEKERASAN “LOVE MYSELF”

Eny, Wahyuni (2022) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN CELEBRITY DIPLOMACY BTS (BANGTAN SONYEONDAN) SEBAGAI GOODWILL AMBASSADOR UNICEF DALAM MELAKUKAN KAMPANYE ANTI-KEKERASAN “LOVE MYSELF”. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Eny Wahyuni.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kekerasan terhadap anak merupakan masalah besar yang masih kerap terjadi di seluruh bagian dunia, baik kekerasan secara online (cyber bullying) maupun kekerasan yang terjadi secara langsung. Masalah tersebut menjadi tanggung jawab seluruh pihak, baik pemerintah, organisasi, masyarakat, dan pihak-pihak lainnya. Sehingga UNICEF sebagai organisasi internasional yang fokus pada pemberian bantuan dan solusi terhadap masalah anak dan remaja seluruh dunia berupaya menyelesaikan masalah tersebut. Salah satu upaya yang dilakukan UNICEF yaitu dengan menginisiasi diplomat selebritas yaitu BTS untuk bekerja sama dengan UNICEF dalam kampanye anti-kekerasan terhadap anak “Love Myself”. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan eskplorasi terkait dengan peran aktor non-negara dalam hal ini selebritas sebagai figur diplomasi yang memiliki andil yang cukup besar dalam mengkampanyekan isu anti-kekerasan terhadap anak. Lebih fokus lagi tulisan ini ingin melihat tentang sejauh mana BTS sebagai celebrity diplomacy mampu mendapatkan perhatian dunia dengan slogan kampanye yang mereka bawakan “Love Myself” Bersama UNICEF, dan bagaimana upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kesadaran publik mengenai kekerasan terhadap anak agar dapat mengurangi kesenjangan dan angka kekerasan terhadap anak secara global. Penelitian ini menggunakan konsep Celebrity Diplomacy, konsep Organisasi Internasional, dan teori Efektivitas Rezim. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Hasil penelitian xvi ini menunjukkan bahwa Kampanye Love Myself bernilai efektif dalam menyebarkan pesan-pesan positif untuk mencintai diri sendiri dan mengurangi angka kekerasan terhadap anak, serta berhasil mengumpulkan banyak dana dari berbagai program kerja atau kegiatan yang diinisiasi oleh UNICEF bersama BTS, yang mana akan digunakan seluruhnya untuk kebutuhan kampanye tersebut.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kekerasan Terhadap Aanak, Kampanye Anti-Kekerasan, UNICEF, Celebrity Diplomacy, BTS
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Program Studi Hubungan Internasional
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 16 Nov 2022 02:27
Last Modified: 16 Nov 2022 02:27
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33125

Actions (login required)

View Item View Item