ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA TCP DAN UDP PADA JARINGAN MPLS DAN NON-MPLS DENGAN TUNNELING L2TP/IPSEC BERDASARKAN PROTOKOL ROUTING BGP, OSPF DAN RIPv2

BAIQ ALUNG SEPTIYA, NIRMALA (2022) ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA TCP DAN UDP PADA JARINGAN MPLS DAN NON-MPLS DENGAN TUNNELING L2TP/IPSEC BERDASARKAN PROTOKOL ROUTING BGP, OSPF DAN RIPv2. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Laporan TA2 - Baiq Alung Septiya Nirmala (F1D016014).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Semakin padatnya kegiatan pertukaran data di jaringan internet tentunya membutuhkan kecepatan pada saat transfer data, ketepatan data sampai pada penerima dan keamanan data pada saat proses transfer data. Sehingga perkembangan teknologi jaringan menjadi hal yang penting untuk diteliti. Protokol Transmission Control Protocol (TCP) dan User Datagram Protocol (UDP) pada lapisan transport berperan dalam proses transfer data. Pada penelitian ini akan dibandingkan parameter Quality of Service (QoS) throughput, delay dan jitter TCP dan UDP pada jaringan Multiprotocol Label Switching (MPLS), MPLS yang dipadukan dengan Layer 2 Tunneling Protocol/Internet Protocol Security (L2TP/IPSec) dan Non MPLS berdasarkan protokol routing Open Shortest Path First (OSPF), Routing Information Protocol versi 2 (RIPv2) dan Border Gateway Protocol (BGP). Penelitian ini akan dilakukan dengan menggunakan simulator Graphical Network Simulator-3 (GNS3). Berdasarkan penelitian yang dilakukan, nilai throughput TCP lebih baik daripada UDP. Sedangkan nilai delay dan jitter UDP lebih baik dari TCP. TCP merupakan protokol yang mengutamakan agar data sampai secara utuh dari pengirim ke penerima. Sedangkan UDP merupakan protokol yang lebih mengutamakan kecepatan dalam pengiriman paket data dari pengirim ke penerima. QoS TCP dan UDP menghasilkan nilai terbaik pada jaringan MPLS, diikuti oleh jaringan MPLS dengan tunneling L2TP/IPSec dan Non MPLS. TCP dan UDP pada jaringan Non MPLS, MPLS maupun MPLS dengan Tunneling L2TP/IPSec memiliki nilai QoS terbaik pada protokol routing RIPv2.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): TCP, UDP, MPLS, L2TP/IPSec, BGP, OSPF, RIPv2, GNS3
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 16 Nov 2022 02:27
Last Modified: 16 Nov 2022 02:27
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33127

Actions (login required)

View Item View Item