PENGARUH KELOMPOK KERJA GURU DAN SUPERVISI AKADEMIKTERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR DIKECAMATAN PUJUT KABUPATEN LOMBOK TENGAH

MAR, DAN (2022) PENGARUH KELOMPOK KERJA GURU DAN SUPERVISI AKADEMIKTERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR DIKECAMATAN PUJUT KABUPATEN LOMBOK TENGAH. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
MARDAN TESIS OK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Menganalisis pengaruh kegiatan Kelompok Kerja Guru terhadap kinerja guru Sekolah Dasar di Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah. (2) Menganalisis pengaruh supervisi akademik terhadap kinerja guru Sekolah Dasar di Kecamatan Pujut.. (3) Menganalisis pengaruh kegiatan Kelompok Kerja Gurudan supervisi akademik secara bersama-sama terhadap kinerja guru Sekolah Dasar di Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah. Populasi dalam penelitian ini adalah semua guru SD di Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah dengan sampel sebanyak 101 orang guru. Tehnik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji prasyarat serta uji hipotesis yang meliputi analisis regresi linier berganda untuk mengetahui pengaruh kegiatan kelompok kerja guru dan supervisi akademik terhadap kinerja guru. Analisis data digunakan program SPSS20 for Windows. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa kegiatan KKG berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru SD di Kecamatan Pujut Kabupaten lombok Tengah sebesar 51,1% dengan p=0,001. Semakin meningkat kegiatan KKG, maka kinerja guru akan semakin meningkat. Supervisi akademik berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru SD di Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah sebesar 51,5%. dengan p = 0,001. Semakin meningkat supervisi akademik, maka kinerja guru juga akan meningkat. Kegiatan KKG dan supervisi akademik berpengaruh secara bersama-sama (simultan) terhadap kinerja guru dengan nilai p= 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa jika kegiatan KKG dan supervisi akademik ditingkatkan, maka kinerja guru akan semakin meningkat.

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): kelompok kerja guru, supervisi akademik, kinerja
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 16 Nov 2022 02:27
Last Modified: 16 Nov 2022 02:27
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33128

Actions (login required)

View Item View Item