ANALISA PENGARUH PENAMBAHAN EM-4 PADA PEMBUATAN BIOGAS BERBAHAN DASAR LIMBAH KULIT PISANG DENGAN FERMENTASI THERMOPHILIC

FRANSISKUS XAVERIUS, MANGGO RAGO (2022) ANALISA PENGARUH PENAMBAHAN EM-4 PADA PEMBUATAN BIOGAS BERBAHAN DASAR LIMBAH KULIT PISANG DENGAN FERMENTASI THERMOPHILIC. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Tugas Akhir (Fransiskus X.M. Rago).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Biogas merupakan energi alternatif yang dapat berpengaruh besar pada perkembangan energi di dunia saat ini. Energi biogas dapat digunakan untuk menggantikan penggunaan bahan bakar fosil yang dapat merusak lingkungan dan menyebabkan efek rumah kaca. Kerangka kerja pembentukan biogas adalah perpaduan dari setiap bagian dalam sistem untuk menyesuaikan atau membuat biogas. Prinsip kerja dari pembuatan biogas adalah digester yang mampu menampung gas metana yang timbul karena penguraian bahan alam oleh mikroba. Sistem pembentukan biogas terdiri dari saluran slurry, digester, saluran biogas (selang), dan katup. Bahan dasar pembuatan biogas sangat bervariasi, pada percobaan ini digunakan kulit pisang sebagai bahan dasar dan variasi pencampuran Em-4 pada pembuatan biogas tersebut. Hasil dari penelitian ini dimana penambahan EM-4 sebanyak 200 ml memiliki total volume biogas yang terbesar yaitu 7,571 liter sedangkan penambahan 400 ml memiliki hasil yang terendah dengan total 5,701 liter. Hasil tersebut diperoleh dengan penelitian dan pengambilan data yang dilakukan selama 20 hari.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Biogas, Energi, Thermophilic, Digester, Kulit Pisang, Em-4
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 16 Nov 2022 02:52
Last Modified: 16 Nov 2022 02:52
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33131

Actions (login required)

View Item View Item