PENGARUH MEDIA PUZZLE TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK B DI TK DHARMA WANITA SITI AISYAH KABUL TAHUN AJARAN 2020/2021

AHMAD, ZUBAIDI (2022) PENGARUH MEDIA PUZZLE TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK B DI TK DHARMA WANITA SITI AISYAH KABUL TAHUN AJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
AHMAD ZUBAIDI E1F01001.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini didasari oleh masih belum berkembangnya perkembangan kognitif pada anak kelompok B di Tk Dharma Wanita Siti Aisyah Kabul dalam hal menyebutkan lambang bilangan 1-10, mengklasifikasikan benda berdasarkan warna bentuk serta memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari dengan cara yang fleksibel. Salah satu kegiatan menarik yang dapat membantu menstimulasi perkembangan kognitif pada anak adalah melalui kegiatan media puzzle. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari media puzzle terhadap perkembangan kognitif anak kelompok B di Tk Dharma Wanita Siti Aisyah Kabul. Penelitian dilakukan dengan metode kuantitatif komparatif, menggunakan desain eksperiment yaitu pre eksperimental design dengan bentuk group pretest – postest design. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu pemberian treatment, observasi menggunakan instrumen penelitian, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode statistik non-parametris. Subyek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B di Tk Dharma Wanita Siti Aisyah Kabul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan kognitif anak kelompok B di Tk Dharma Wanita Siti Aisyah Kabul sebelum diberikan perlakuan menggunakan media puzzle diperoleh hasil pre-test anak dengan skor rata-rata 42,9% yaitu perkembangan kognitif anak berada pada kriteria belum berkembang. Setelah diberikan perlakuan menggunakan media puzzle dapat diperoleh data post-test dengan skor rata-rata 76,5% yaitu perkembangan kognitif anak berada pada kriteria cukup berkembang. Artinya perkembangan kognitif anak memiliki potensi untuk berkembang dengan sangat baik jika dapat distimulus dengan baik menggunakan metode yang tepat dan efektif. Berdasarkan hasil perhitungan nilai ttabel Wilcoxom dengan jumlah sampel = 4 dan tingkat signifikasi 5 % dengan output “ Test Statistik” diketahui Asymp. Sig (2-talled) bernilai 0,03 < 0,05 , maka dapat di simpulkan bahwa “Hipotesis di terima”. Sehingga dapat di simpulkan bahwa ada pengaruh media puzzle terhadap pengembangan kognitif pada anak kelompok B di Tk Dharma Wanita Siti Aisyah Kabul

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Media Puzzle, Perkembangan Kognitif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 16 Nov 2022 02:52
Last Modified: 16 Nov 2022 02:52
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33133

Actions (login required)

View Item View Item