MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII-F PADA MATA PELAJARAN PPKN MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN SOAL PILIHAN GANDA DI SMPN 15 MATARAM

BAIQ DENIA, AGUSTINA (2022) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII-F PADA MATA PELAJARAN PPKN MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN SOAL PILIHAN GANDA DI SMPN 15 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI BISMILLAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas VII-F pada mata pelajaran PPKn di SMP Negeri 15 Mataram, (2) untuk mengetahui pelaksanaan strategi pembelajaran menggunakan soal pilihan ganda siswa kelas VII pada mata pelajaran PPKn di SMPN 15 Mataram, (3) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas VII-F melalui strategi pembelajaran menggunakan soal pilihan gandadi SMPN 15 Mataram. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh pendidik atau peneliti dengan tujuan meningkatkan atau memperbaiki mutu proses pembelajaran di dalam kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII-F SMPN 15 Mataram tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 32 siswa. Subjek ini dipilih berdasarkan hasil tes ujian harian yang menunjukkan bahwa kelas VII-F mempunyai nilai rata-rata kelas dan ketuntasan kelas terendah diantara kelas VII lainnya, selain berdasarkan tes juga berdasarkan pada hasil wawancara dengan guru PPKn kelas VII. Dari hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan bahwa meningkatnya hasil belajar siswa. Hal ini dilihat dari belajar prasiklus dengan persentase ketuntasan belajar adalah 40% dan nilai rata-rata 67. Pada siklus I terjadi peningkatan yaitu ketuntasan belajar 93,7% dan nilai rata-rata 85

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Strategi Pembelajaran, Hasil Belajar, Pilihan Ganda
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 16 Nov 2022 02:52
Last Modified: 16 Nov 2022 02:52
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33134

Actions (login required)

View Item View Item