PENGEMBANGAN PERMAINAN TRADISIONAL HANTU BUTA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI DUSUN SUNDAK DESA RARANG

BAIQ YUNIA, HERLINA (2022) PENGEMBANGAN PERMAINAN TRADISIONAL HANTU BUTA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI DUSUN SUNDAK DESA RARANG. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI Baiq Yunia Herlina E1F016012.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini diarahkan untuk mendapatkan deskripsi tentang pengembangan permainan tradisional hantu buta untuk meningkatkan kemampuan sosial emosional anak usiadini di Dusun Sundak Desa Rarang yang dilatar belakangi rendahnya perkembangan sosial emosional anak usia dini khususnya dalam kegiatan bermain permainan tradisional hantu buta di Dusun Sundak, Desa Rarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan permainan tradisional hantu buta untuk meningkatkan kemampuan sosial emosional anak usia dini di Dusun Sundak, Desa Rarang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan dokumentasi. Hasil dari Penelitian ini menggunakan tiga tahap pengembangan dengan enam kali pertemuan, setiap tahap terjadi peningkatan dengan cara memodifikasi alat dan bahan, langkah- langkah main, serta aturan main, hasil yang diperoleh pada tahap pengembangan I sebesar 46,5%. terjadi peningkatan di tahap pengembangan II dengan presentase sebesar 71,5% dan pada tahap pengembangan III mendapatkan presentase nilai sebesar 86,5%. Berdasarkan hasil penelitian pada pengembangan I, II, dan III, perkembangan sosial emosional anakdapat dikatakan meningkat karena nilai yang diperoleh anak pada masing-masing tahapan mengalami peningkatan yang signifikan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Permainan Tradisional Hantu Buta, Sosial Emosional
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 16 Nov 2022 03:26
Last Modified: 16 Nov 2022 03:26
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33150

Actions (login required)

View Item View Item