PARAMETER GENETIK BEBERAPA GENOTIPE MUTAN PADI (Oryza sativa L.) GALUR G10 GENERASI KEDUA HASIL IRADIASI SINAR GAMMA 300 GRAY

Dea Puspamiya, Rahayu (2022) PARAMETER GENETIK BEBERAPA GENOTIPE MUTAN PADI (Oryza sativa L.) GALUR G10 GENERASI KEDUA HASIL IRADIASI SINAR GAMMA 300 GRAY. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI DEA PUSPAMIYA RAHAYU PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL_DEA PUSPAMIYA RAHAYU_C1M018028.pdf

Download (332kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji parameter genetik galur G10 padi beras hitam generasi kedua hasil iradiasi sinar gamma dosis 300 Gray yang meliputi nilai heritabilitas arti luas, koefisien genetik, koefisien fenotip, dan korelasi. Penelitian dilaksanakan dari bulan Mei sampai bulan September 2021 di Desa Nyurlembang, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Percobaan dilakukan dengan menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dalam perluasan (augmented design). Varietas pembanding yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 2 varietas yaitu G10 dan Situ Patenggang, diulang sebanyak 3 kali dan ditanam sebanyak 20 tanaman, tanaman pembanding diambil 6 sampel pada masing-masing ulangan, sedangkan genotip tanaman mutan diulang sebanyak satu kali yang terdiri dari 24 genotip, masing-masing genotip ditanam sebanyak 10 tanaman. Hasil percobaan semua karakter menunjukkan nilai koefisien keragaman genetik (KKG) dan koefisien keragaman fenotip (KKF) pada semua karakter memiliki kriteria nilai yang rendah kecuali karakter jumlah gabah berisi dan jumlah gabah hampa. Karakter tinggi tanaman, umur berbunga, anakan total, anakan produktif, jumlah gabah berisi, jumlah gabah hampa, berat 100 butir, dan berat gabah per rumpun memiliki nilai heritabilitas dalam arti luas yang tinggi. Nilai heritabilitas sedang ditunjukkan oleh karakter panjang malai. Anakan produktif memiliki hubungan keeratan yang positif nyata terhadap berat gabah per rumpun.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Heritabilitas arti luas; koefisien keragaman genotip dan fenotip; korelasi genetik dan fenotip
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 16 Nov 2022 04:44
Last Modified: 16 Nov 2022 04:44
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33156

Actions (login required)

View Item View Item