ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA BUDIDAYA JAMUR TIRAM PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KOTA MATARAM

Dinda Rama Eka, Safitri (2022) ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA BUDIDAYA JAMUR TIRAM PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (808kB)
[img]
Preview
Text
J_Dinda Rama Eka Safitri_ Analisis Strategi Pengembangan Usaha Budidaya Jamur Tiram Pada Masa Pandemi ~1.pdf

Download (383kB) | Preview

Abstract

Penelitia ini dilaksanakan dengan tujuan : (1) Untuk menganalisis faktor internal dan eksternal usaha budidaya Jamur tiram pada masa pandemi Covid-19 di Kota Mataram, (2) Untuk menganalisis strategi pengembangan usaha budidaya Jamur tiram pada masa pandemi Covid-19 di Kota Mataram. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan unit analisis adalah usaha budidaya Jamur Tiram pada masa pandemi covid-19 di Kota Mataram. Penelitian ini dilaksanakan di 3 kecamatan yaitu Salaparang, Ampenan dan Mataram. Penentuan daerah sampel dilakukan secara “ purposive sampling” dengan penentuan responden secara sensus sebanyak 8 responden pengusaha budidaya jamur tiram. Berdasarkan jenisnya, data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan data kualitatif, sedangkan berdasarkan sumbernya ada dua, yaitu data primer dan data sekunder. Analisis data pada penelitian ini yaitu: (1) Startegi produksi menggunakan analisis deskriptif; (2) Strategi pemasaran menggunakan analisis deskriptif (3) Alternatif strategi menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Faktor Internal dan eksternal pada usaha budidaya Jamur tiram pada masa pandemic Covid-19 di Kota Mataram meliputi (a) Kekuatan yaitu harga yang terjangkau (b) Kelemahan yaitu kurangnya sarana promosi (c) Peluang yaitu luasnya pemasaran Jamur tiram (d) Ancaman yaitu perubahan selera konsumen, (2) Analisis SWOT yang digunakan dalam budidaya Jamur tiram yaitu strategi S-O. Strategi S-O yang digunakan didapat dari kekuatan dan peluang yaitu (a) Meningkatkan kualitas produk (b) Memperluas pemasaran. Strategi alternative yang dapat digunakan ialah (a) Lebih aktif melakukan promosi dan (b) Berinovasi dalam kemasan

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): udidaya jamur tiram , Faktor Internal dan Eksternal, Strategi Pembangan
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 16 Nov 2022 04:44
Last Modified: 16 Nov 2022 04:44
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33159

Actions (login required)

View Item View Item