TINGKAT KEMAMPUAN ARGUMENTASI ILMIAH PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS XI DI SMAN 1 LABUHAN HAJI

LIDYA HASMA, NINGSIH (2022) TINGKAT KEMAMPUAN ARGUMENTASI ILMIAH PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS XI DI SMAN 1 LABUHAN HAJI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI LIDYA HASMANINGSIH E1A018046.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Argumentasi ilmiah merupakan salah satu kemampuan yang dibutuhkan pada abad ke-21. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat kemampuan argumentasi ilmiah pada pembelajaran biologi kelas XI menggunakan materi jaringan tumbuhan di SMAN 1 Labuhan Haji. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan instrumen penelitian berupa tes kemampuan argumentasi ilmiah, angket dan juga wawancara. Populasi pada penelitian ini berjumlah 133 orang. Sampel dipilih dengan teknik sensus sehingga menggunakan sampel jenuh atau seluruh anggota dari populasi, yakni kelas XI MIPA 1, XI MIPA 2, XI MIPA 3 dan XI MIPA 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan argumentasi ilmiah tertulis dan lisan peserta didik masih tergolong rendah dan perlu diberdayakan lagi. Kemampuan argumentasi ilmiah tertulis peserta didik berada pada tingkat 2 dengan persentase 74,9% dan argumentasi ilmiah lisan berada pada tingkat 2 dengan persentase 73%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kemampuan Argumentasi Ilmiah, Peserta Didik, Pembelajaran Biologi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 16 Nov 2022 23:12
Last Modified: 16 Nov 2022 23:12
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33165

Actions (login required)

View Item View Item