RANCANG BANGUN PENUTUP ALTERNATOR MESIN KETINTING MENGGUNAKAN MEKANISME PENGUNCIAN OVERVAL UNTUK MEMUDAHKAN SISTEM BUKA TUTUP DENGAN MATERIAL KOMPOSIT BERPENGUAT FIBERGLASS

JUSMIN, JAYADI (2022) RANCANG BANGUN PENUTUP ALTERNATOR MESIN KETINTING MENGGUNAKAN MEKANISME PENGUNCIAN OVERVAL UNTUK MEMUDAHKAN SISTEM BUKA TUTUP DENGAN MATERIAL KOMPOSIT BERPENGUAT FIBERGLASS. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penutup pada sebuah alternator memiliki peranan yang sangat penting karena dapat melindungi komponen yang ada didalamnya, tanpa adanya penutup maka keamanan komponen tersebut akan terancam oleh air laut yang dapat merusaknya. Oleh karena itu dibutuhkan penutup dengan bahan yang kuat dan tahan korosi, bahan komposit dapat menjadi opsi untuk mengganti bahan logam konvensional karena bahan komposit memiliki keunggulan seperti tahan korosi, ringan, serta mudah untuk dibentuk. Metode pembuatan komposit ada beberapa macam akan tetapi pada penelitian ini yang digunakan adalah metode hand lay up. Pada penelitian ini persentase fiberglass yang digunakan untuk membuat penutup alternator adalah 40% fiberglass. Pada proses perhitungan efektivitas penguncian didapatkan hasil perhitungan yang menunjukkan bahwa penguncian overval lebih efektif jika dibandingkan dengan mur dan baut jika ditinjau dari waktu dan kemudahan dalam sistem buka tutup. Penguncian overval menghabiskan waktu 51,72 detik untuk membuka dan menututp, sedangkan penguncian baut menghabiskan waktu 290,20 detik. Biaya pembuatan penutup dengan bahan plat besi lebih mahal jika dibandingkan dengan bahan komposit fiberglass, bahan plat besi menghabiskan biaya sebesar Rp145,183,92 sedangkan bahan komposit fiberglass sebesar Rp132.900,72.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Penutup, fiberglass, uji impact, efektivitas, biaya.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 16 Nov 2022 23:13
Last Modified: 16 Nov 2022 23:13
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33175

Actions (login required)

View Item View Item