PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM DALAMPEMBELAJARAN DARING DI ERA NEW NORMALPADA MATA PELAJARAN PPKn DI SMAN 2 PRAYA

BAIQSEPTIA WINA, YUNITA (2022) PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM DALAMPEMBELAJARAN DARING DI ERA NEW NORMALPADA MATA PELAJARAN PPKn DI SMAN 2 PRAYA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAIQ SEPTIA WINA YUNITA SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penggunaan google classroom dalam pembelajaran daring di era new normal pada mata pelajaran PPKn di SMAN 2 PRAYA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus yang dimana tempat pelaksanaanya di SMAN 2 PRAYA dengan subyek penelitian siswa kelas X MIPA I. II,III dan IV. Teknik pengumpualan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah teori model Miles dan Huberman, yang merupakan penarikan kesimpulan (conclusion drawing). Teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik triangulasi. Yang dimana hasil penelitian (1) Pembelajaran daring di SMAN 2 PRAYA dengan memanfaatkan media pembelajaran google classroom pada mata pelajaran PPKn sudah terlaksana dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari proses pembelajaran daring google classroom pada mata pelajaran PPKn dapat dengan mudah digunakan oleh guru maupun siswa sesuai dengan kebutuhan masing masing individu dalam melaksanakan pembelajaran. Penggunaan google classroom dalam pembelajaran daring di era new normal pada mata pelajaran PPKn di SMAN 2 Praya ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang terus meningkat setelah di pergunakannya media pembelajaran google classroom dalam proses pembelajaran seperti dalam pemberian tugas-tugas, sehingga siswa juga merasa senang menggunakan media pembelajaran tersebut, dikarenakan siswa merasa mudah menggunakan atau mengakses media pembelajaran google classroom tersebut. Sehingga waktu belajar siswa pun menjadi fleksibel, serta meminimalisisr pengeluaran seperti biaya transportasi, maupun biaya pembelian buku dan sebagainya. (2) Kendala yang dialami dalam penerapan pembelajaran daring dengan menggunakan google classroom pada matapelajaran PPKn yaitu: kendala pada jaringan internet yang terkadang sering kali tidak stabil yang mengakibatkan siswa x terkadang sering meninggalkan ruang kelas google secara tiba-tiba. Guru dan siswa juga dituntut untuk menguasai teknik pembelajaran yang berbasis teknologi dan terkadang banyak terdapat perbedaan tingkat pemahaman antar siswa yang satu dengan siswa yang lainnya. Namun upaya untuk mengatasi kendala- kendala yang di alami dalam penerapan pembelajaran daring dengan menggunakan google classroom tersebut yaitu: dengan melakukan kerjasama dengan penyedia jasa internet, seperti indihome dan matrix, serta memastikan siswa memahami materi pembelajaran yang diberikan oleh guru dengan baik. Serta meningkatkan kompetensi guru dengan banyak membaca literasi dari berbagai sumber, agar lebih memahami media pembelajaran google classroom, dan tidak lupa juga guru harus banyak memberi motivasi kepada siswanya

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pandemi Covid-19, Penggunaan Google Classroom, Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 16 Nov 2022 23:13
Last Modified: 16 Nov 2022 23:13
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/33176

Actions (login required)

View Item View Item